Kholik: Ekonomi Syariah Ikut Tumbuh

pakar sebut pertumbuhan ekonomi syariah terbilang pesat

RAKYATCIREBON.CO.ID – Pakar ekonomi Islam, Dr Achmad Kholik  menjelaskan,  sepanjang 2017 ekonomi syariah mengalami pertumbuhan yang terbilang pesat.

Banyak hal memperngaruhi pertumbuhan ekonomi. Salah satunya   membaiknya ekonomi secara makro di Indonesia.

Hal itu disampaikan Kholik saat menjadi narasumber pada sebuah seminar ekonomi di Kota Cirebon. Kholik  menyebut,  untuk menjaga stabilitas ekonomi, dibutuhkan kebijakan – kebijakan yang mendukung.

Misalnya, kebijakan stabilisasi harga.  Hal ini kata dia, dianggap penting  untuk menekan angka inflasi. Stabilisasi harga juga dibutuhkan  agar tidak terjadi kepanikan di tingkat bawah tentang gejolak harga yang muncul  baik  ril di lapangan maupun pada  pemberitaan di media.

Kholik yang juga Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Cirebon itu menilai, pemerintah harus jeli membuat kebijakan  ekonomi terutama yang berkaitan langsung dengan kebutuhan dasar masyarakat.

Menurut dia, kebijakan yang dibuat pemerintah juga berkaitan erat dengan kondisi politik. Pasalnya, ekonomi dan politik di Indonesia merupakan dua hal berkait tidak   bisa dipisahkan. Oleh karenanya, wajar setiap pemimpin punya kebijakan – kebijakan ekonomi berbeda.  “Karena situasi politiknya juga berbeda,” ungkapnya.

Selain kebijakan, secara garis besar stabilitas  ekonomi makro juga dipengaruhi oleh suku bunga. Dia menjelaskan, suku bunga yang bergejolak berpotensi membuat ekonomi juga  berfluktuasi.

Sebaliknya, jika suku bunga terkendali, ekonomi bahkan sampai tingkat bawah juga stabil. “Stabilitas ekonomi itu sangat tergantung kebijakan politik dan suku bunga,” imbuhnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to " Kholik: Ekonomi Syariah Ikut Tumbuh"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...