Keterlibatan ASN Makin Marak, Panwaslu Kuningan Sempat Panggil Istri Yosa Octora

panwaslu kuningan ingatkan asn harus netral di pilkada

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Panwaslu Kabupaten Kuningan kembali menegaskan aparatur sipil negara harus bersikap netral dalam Pilkada. Hal ini karena ditengarai ada ASN di lingkungan Pemkab Kuningan yang masih menunjukkan kedekatan kepada calon tertentu.

Padahal dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dijelaskan dengan detail aturan main para ASN dalam masa pilkada.

"Dalam surat edaran menteri tersebut jangankan menjadi tim sukses, berfoto bersama dengan pasangan calon saja diatur dan tidak diperbolehkan. Silakan dibaca di surat edaran nomor B/71/M.SM.00.00/2017," tegas Ketua Panwaslu Kuningan, Jubeadi.

Jubaedi juga mengatakan, ASN yang  tidak mengindahkan aturan  dalam surat edaran tersebut akan menerima sanksi dari lembaganya. "Dalam aturan kita hanya mengklarifikasi setelah itu laporannya kami kirim ke komisi ASN. Komisi ASN ini yang akan merekomendasikan untuk pemberian sanksinya," papar Jubaedi.

Keterlibatan ASN ini diduga akan semakin marak menjelang tahapan kampanye yang akan mulai digelar pada  15 Februari hingga 23 Juni 2018. Jika berkaca pada tahun tahun lalu, Jubaedi menambahkan keterlibatan ASN dalam kampanye dengan cara menghadiri dan memobilisasi massa untuk hadir.

"Ada juga kampanye yang menggunakan kendaraan negara. Itu juga tidak dibenarkan," tandas Jubaedi usai menerima kunjungan Bacawabup, Yosa Octora.

Perihal netralitas PNS ini, akhir pekan lalu Panwaslu juga telah memanggil Ima Rachamnia istri calon wakil Bupati Yosa Octora yang hadir dalam deklarasi dan ikut mengantar saat pendaftaran calon bupati dan wakil bupati.

Dalam klarifikasi diketahui Ima Rachmania mengaku sebagai ASN di Kementrian Koperasi dan UKM. "Tetapi dalam klarifikasi ibu Ima bisa memperlihatkan izin dari atasan saat hadir dalam deklarasi. Pemanggilan ini pesan bagi ASN lain, agar tidak terlibat aktif dalam dukungan kepada salah satu pasangan calon," beber Jubaedi.(ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Keterlibatan ASN Makin Marak, Panwaslu Kuningan Sempat Panggil Istri Yosa Octora "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus