Kalinga Belum Mundur dari ASN

pengunduran diri mantan sekda kabupaten cirebon diproses

RAKYATCIREBON.CO.ID – Bakal calon wakil bupati, Drs H Yayat Ruhyat MSi sudah mengajukan pengunduran diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon per 5 Januari lalu, sementara H Kalinga belum.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Cirebon H Supadi Priyatna mengatakan, Pemkab Cirebon kini sedang memproses pengunduran diri Yayat dan belum diketahui kapan surat persetujuannya bisa turun.

Menurut Supadi, Yayat sudah menunjukkan itikad baiknya sebagai ASN, yaitu mengundurkan diri bahkan sebelum ditetapkan sebagai calon wabup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Pak Yayat sudah mengajukan surat pengunduran diri pada 5 Januari lalu atau tiga hari sebelum pendaftaran di KPU. Sebenarnya kalaupun mengundurkan diri setelah pendaftaran di KPU juga tidak masalah, sebab berdasarkan Undang-undang ASN Nomor 5/2014 tentang ASN bahwa ASN harus mundur sejak ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah oleh KPU,” kata Supadi, Kamis (11/1).

Menurut Supadi, dalam surat pengunduran diri tersebut tidak disebutkan posisi terakhir dari Yayat Ruhyat, apakah sebagai staf ahli atau sekretaris daerah.

“Tapi memang posisi terakhir ASN tidak perlu disebutkan dalam surat pengunduran diri, cukup ASN saja,” katanya.

Yayat Ruhyat sendiri sejak menolak dilantik menjadi staf ahli pada 3 Januari lalu belum pernah sekalipun datang kembali ke ruangannya di sekretariat daerah, baik di ruangan lamanya yaitu ruangan sekda, maupun ruangan staf ahli yang terletak di sayap kanan gedung setda.

Sementara itu, beda halnya  dengan mantan Kepala BKPSDM H Kalinga. Surat pengunduran diri Kalinga diketahui hingga kini belum sampai ke BKPSDM. Menurut Supadi, bisa saja Kalinga sudah mengajukan surat tersebut kepada Bupati H Sunjaya Purwadisastra.

“Tapi Pak Kalinga belum saya terima surat pengunduran dirinya. Saya tunggu saja sampai beliau ditetapkan oleh KPU sebagai calon bupati, tapi kalau sudah ditetapkan sebagai calon bupati dan tidak mundur juga ya itu sudah menyalahi etika sebagai ASN,” katanya.

Menurutnya, masa pensiun Yayat tinggal setahun lagi, sementara masa pensiun Kalinga tinggal tiga tahun lagi.

“Pak Yayat itu pensiunnya tahun depan, dan biasanya kalau akan pensiun setahun lagi maka setahun sebelumnya sudah disiapkan persyaratannya,” ujarnya.

Sementara itu, Yayat Ruhyat mengatakan, dirinya siap menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat Kabupaten Cirebon melalui kontestasi pemilihan bupati tersebut.

“Saya sudah siap mental, termasuk mundur dari ASN. Insya Allah saya siap menjalankan amanah dari masyarakat,” katanya. (yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Kalinga Belum Mundur dari ASN"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...