Jalur Klangenan-Panguragan akan Diguyur Anggaran Rp1 Miliar

pemkab cirebon segera perbaiki jalan yang  rusak

RAKYATCIREBON.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon akhirnya akan memperbaiki ruas jalan Klangenan-Panguragan pada tahun ini. Pemkab akan mengalokasikan Rp 1 miliar, sebab ruas jalan yang akan diperbaiki hanya 410 meter dari total jalan yang rusak sekitar 3 kilometer.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cirebon Avip Suherdian mengatakan, kalau perbaikannya diselesaikan hingga tuntas maka setidanya dibutuhkan hingga Rp6 miliar.

“Sementara kita anggarannya sangat terbatas. Jadi, untuk tahun ini Pemkab Cirebon baru meluncurkan Rp1 miliar untuk perbaikan sepanjang 410 meter dengan cara diaspal, bukan dibeton,” kata Avip.

Ruas jalan Klangenan-Panguragan sendiri memiliki kontur yang labil, kondisi jalan dalam keadaan miring ke arah sungai yang berada tepat di pinggir jalan tersebut. Menanggapi ini, menurut Avip, sebetulnya kondisi jalan yang labil sebagian besar lebih dekat ke arah Panguragan, sementara yang dekat dengan Klangenan tidak terlalu labil.

“Kalau saya perhatikan, kondisi jalan yang labil itu yang mengarah ke Panguragan Wetan, nah nanti di di titik tersebut baru diperlukan penanganang yang khusus dengan cara dicor atau dibeton. Di tahun ini yang kita perbaiki itu arah dari Klangenannya, sehingga lebih banyak mengarah ke Klangenan dibandingkan ke Panguragan dan itu kondisinya tidak terlalu labil, jadi dengan cara diaspal biasa pun tidak apa-apa,” ujarnya.

Kepala Seksi Perencanaan Teknis Jalan dan Jembatan PUPR Dodi Sodikin mengatakan, anggaran yang digelontorkan senilai Rp1 miliar berasal dari APBD murni, sehingga bisa segera dilaksanakan dalam waktu dekat jika proses lelang sudah selesai.

“Sisa ruas jalan lainnya yang belum diperbaiki di sepanjang jalan Klangenan-Panguragan ini bisa saja di tahun depan kita laksanakan, tapi lihat dulu apakah anggarannya ada atau tidak. Kita paham masyarakat memang sudah menunggu lama agar jalan ini diperbaiki, tapi kita juga kan harus melihat ketersediaan anggaran dulu. Pemkab Cirebon juga bukannya tidak ingin memperbaiki ruas Klangenan-Panguragan, sebetulnya dana perawatan rutin tiap tahun ada, tapi namanya juga perawatan rutin ya tidak maksimal meski hanya untuk menambal sulam lubang,” katanya.

Ruas jalan Klangenan-Panguragan termasuk ke dalam Jalur Jalan Strategis (JJS) di Kabupaten Cirebon. Menurut Dodi, tak hanya ruas Klangenan-Panguragan saja yang akan diperbaiki, melainkan juga beberapa ruas lainya yang juga termasuk ke dalam JJS.

“Di tahun ini kita ada perbaikan ke Arjawinangun Kota, Playangan-Bojonegoro, juga Pangkalan-Celancang, semuanya termasuk kategori JJS, jadi akan kita perbaiki di tahun ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Suherman mengaku bersyukur jika program perbaikan infrastruktur jalan direalisasikan dengan baik, karena ia tidak berharap jika jalan yang akan membantu perekonomian warga rusak namun dibiarkan begitu saja oleh pemerintah.

“Kami mengapresiasi realisasi Rp1 Miliar untuk jalan sepanjang 410 meter, kami berharap tidak dikorupsi dan direalisasikan sesuai speknya,” tuturnya. (yog/dym)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Jalur Klangenan-Panguragan akan Diguyur Anggaran Rp1 Miliar"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus