Hari Ini, Puncak Arus Balik Libur Nataru

liburan natal dan tahun baru berakhir hari ini

RAKYATCIREBON.CO.ID – Libur panjang akhir tahun telah berakhir. Periode hari raya Natal sampai tahun baru 2018 (nataru) usai.

Hari ini, baik anak sekolah maupun pekerja kantoran kembali menjalani aktivitas seperti biasanya. Sejalan dengan itu, arus balik bagi yang mudik sudah terasa sejak kemarin.

Idealnya memang kemarin menjadi puncak arus balik, para perantau kembali ke perantauan. Namun untuk moda transportasi kereta api (KA), puncak arus balik diprediksi baru akan terjadi hari ini.

“Kita memprediksi, besok (hari ini, red) justru puncak arus balik,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Kribiyantoro, ditemui di Stasiun Kejaksan, Senin (1/1).

Ia menambahkan, pada arus balik hari ini, hampir dipastikan semua KA akan dipenuhi penumpang. Jika ketika kedatangan di stasiun wilayah Daop 3 Cirebon didominasi dari arah barat, pada arus balik hari ini dipastikan mayoritas penumpang yang berangkat menuju arah barat.

“Semua KA akan penuh. Termasuk KA tambahan. Mayoritas pemberangkatan menuju arah barat. Sama dengan ketika kedatangan, banyaknya dari arah barat,” kata Kris.

Selama libur Natal dan tahun baru, PT KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan 34 KA tambahan yang berlangsung sejak 22 Desember 2016 sampai 7 Januari 2018. “Saat ini untuk tiket KA Argojati masih ada sekitar 2 persen,” katanya.

Kris menyampaikan, jika dibandingkan awal tahun lalu, arus balik di awal tahun 2018 ini mengalami peningkatan jumlah penumpang. Sampai kemarin saja, peningkatannya di angka 21 persen. “Terjadi peningkatan jumlah penumpang pada momen yang sama di tahun kemarin,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dicatat PT KAI Daop 3 Cirebon, jumlah penumpang yang turun di stasiun pada daop tersebut, yakni pada 28 Desember sebanyak 5.527 orang, 29 Desember sebanyak 6.472 orang, pada 30 Desember sebanyak 6.614 orang, pada 31 Desember sebanyak 5.534 orang dan pada 1 Januari kemarin sampai pukul 17.00 sebanyak 6.039 orang.

Sedangkan untuk pemberangkatan dari stasiun yang ada di Daop 3 Cirebon, pada 28 Desember sebanyak 5.288 orang, 29 Desember sebanyak 5.857 orang, 30 Desember sebanyak 6.111, 31 Desember sebanyak 6.014 orang dan pada 1 Januari kemarin sampai pukul 17.00 WIB sebanyak 8.030 orang. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to " Hari Ini, Puncak Arus Balik Libur Nataru"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus