Guru Harus Bisa Menerbitkan Karya Tulis

bupati indramayu buka pelatihan menulis untuk guru

RAKYATCIREBON.CO.ID - Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah menekankan para guru untuk bisa membuat karya tulis dan menerbitkannya dalam bentuk buku. Selain sebagai media dalam pengembangan diri, juga bahan untuk literasi pelajar disemua tingkatan pendidikan dan masyarakat umum.

Pernyataan itu disampaikannya saat membuka Pelatihan Menulis dan Menerbitkan Buku Untuk Guru-guru Kabupaten Indramayu, Selasa (9/1) di Aula Universitas Wiralodra Indramayu.

Dikatakan, perpustakaan yang ada di sekolah, masjid, kantor desa, maupun perpustakaan umum lainnya harus bisa dipenuhi dengan koleksi buku-buku karya orang Indramayu.

Sehingga, banyaknya jumlah guru di Kabupaten Indramayu harus menjadi modal dasar guru dalam mengembangkan kemampuan pribadinya menulis buku. Kemudian menerbitkannya untuk bisa dijadikan sebagai bahan literasi bagi pelajar dan masyarakat umum.

"Jika guru-guru bisa menulis buku dan menerbitkannya, maka perpustakaan yang ada di Kabupaten Indramayu bisa dipenuhi oleh karya para guru tersebut. Dengan menulis buku, selain dapat meningkatkan nilai, juga bisa meningkatkan pendapatan bagi yang menulisnya," jelas Anna.

Menurutnya, meski bagi sebagin orang menulis merupakan pekerjaan yang sangat menjenuhkan bahkan dianggap sia-sia, namun bagi sebagian orang lainnya justru merupakan pekerjaan yang sangat mengasyikan dan memiliki nilai kepuasan tersendiri. Bahkan dengan karya tulis yang berkualitas akan dapat membuat orang bisa terkenal.

"Menulis bukan hanya karya sastra semata, tapi juga bisa menulis fiksi dan karya ilmiah dan karya lainnya yang sangat memungkinkan untuk ditulis. Saya minta minta pelatihan seperti ini harus rutin dilaksanakan dan terus dilakukan bimbingan sebagai bentuk kelanjutannya," ujar dia.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu menyebutkan, dari ribuan guru di Indramayu hanya ada beberapa orang saja yang mampu menulis dan menerbitkannya dalam bentuk buku.

"Saat ini buku yang sudah diterbitkan sedang dalam proses assesment dengan pihak percetakan secara massal. Dan apabila nanti bisa dicetak secara massa, maka sesuai keinginan bupati buku-bukunya bisa disebar ke berbagai perpustakaan di seluruh Kabupaten Indramayu," tandasnya. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Guru Harus Bisa Menerbitkan Karya Tulis"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus