Golkar Merapat ke Petahana?

iklim politik jelang pilwalkot cirebon makin hangat


RAKYATCIREBON.CO.ID –  Mengejutkan. Sejak iklim politik menjelang Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon 2018 menghangat, Partai Golkar ogah-ogahan berkoalisi dengan Partai Demokrat – partainya petahana.

Tapi kini, Partai Golkar dikabarkan akan merapat ke patahana. Meskipun Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH sendiri sudah dipastikan akan berdampingan dengan Wakil Ketua DPRD sekaligus Ketua DPD Partai Nasdem, Dra Hj Eti Herawati pada Pilwalkot 2018 mendatang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di internal Beringin menyebutkan, DPD Parati Golkar Kota Cirebon diarahkan untuk merapat membangun koalisi dengan Partai Demokrat di pilwalkot oleh DPD Partai Golkar Jawa Barat. Arahan itu tentu tak lepas dari kesepakatan koalisi Partai Golkar dan Partai Demokrat di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

Koalisi itu rencananya akan mengusung Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi di pilgub. Bila Partai Golkar dan Partai Demokrat berkoalisi di daerah, akan memudahkan untuk pemenangan duo DM tersebut. Pasalnya, pilgub dan pilwalkot dilaksanakan bersama dalam paket Pilkada serentak 2018.

“Memang ada arahan dari Jabar untuk di kota membangun koalisi dengan Partai Demokrat. Ini untuk memudahkan pemenangan di Pilgub Jabar. Karena kita di Jabar harus menang,” kata salah seorang elit DPD Partai Golkar Kota Cirebon, kemarin.

Lantaran arahan tersebut, pengurus DPD Partai Golkar yang mewanti-wanti identitasnya tak dikorankan itu menyebutkan, Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Ir Toto Sunanto dan beberapa ketua PK Partai Golkar sudah melakukan komunikasi politik dengan petahana di kediaman Azis di Perumnas.

“Pak Toto dan beberapa orang sudah menemui Pak Azis di rumahnya, malam Jumat kemarin (pekan lalu, red). Tapi kita juga belum tahu hasilnya seperti apa,” kata dia.

Sementara terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Lili Eliyah SH MM menegaskan, pihaknya siap melaksanakan apapun instruksi dari DPD Partai Golkar Jabar maupun DPP.

Sebagai kader, Lili akan fatsun atas semua kebijakan partai. “Untuk soal pilwalkot, kita akan fatsun. Apapun yang diputuskan partai, kita harus jalankan,” katanya.

Yang pasti, disampaikan Lili, rekomendasi calon walikota dan wakil walikota Cirebon dari DPP Partai Golkar akan diserahkan pada Jumat lusa di kantor DPP, di Jakarta. “Rekomendasi akan diserahkan DPP hari Jumat (lusa),” kata wakil ketua DPRD Kota Cirebon itu.

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah SSos belum bisa dikonfirmasi mengenai kemungkinan koalisi dengan Partai Golkar, termasuk mengenai pertemuan antara Toto dan Azis.

Untuk diketahui, DPP Partai Golkar menerbitkan surat undangan dengan Nomor BE-001/GOLKAR/XII/2017 tertanggal 29 Desember 2017, beragendakan pembagian rekomendasi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, di aula DPP Partai Golkar pada Jumat, 5 Januari 2017 lusa. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Golkar Merapat ke Petahana?"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus