DKIS Ujicoba Program Sedulur, Pembuatan Surat Cukup Melalui Online

pemkot cirebon target kelurahan dukung smart city

RAKYATCIREBON.CO.ID - Pemerintah Kota Cirebon makin gencar melakukan gerakan menuju Smart City. Tingkat kelurahan pun tak luput dari sasaran. Dimana sistem di kelurahan akan menggunakan sistem elektronik administrasi umum kelurahan atau disingkat Sedulur.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistika (DKIS) Kota Cirebon, Iing Daiman SIP menyampaikan, program Sedulur ini akan mentransformasikan semua dokumen di kelurahan kedalam sistem digital.

Saat ini, kata dia, program tersebut akan mulai diujicobakan di semua kelurahan yang ada di Kecamatan Harjamukti.

"Tahap awal, kami akan mulai dengan lima kelurahan di Kecamatan Harjamukti. Kami juga sudah melatih para operatornya yang berasal dari perangkat kelurahan," ungkap Iing.

Menurutnya, pada pengembangannya nanti, program ini akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Dimana semua sistem pelayanan yang tadinya manual akan bisa diakses dengan mudah dengan sistem komputer dan jaringan internet.

"Kedepannya memang disiapkan untuk pengarsipan elektronik. Tujuan untuk memaksimalkan pelayanan. Jadi, nanti warga bisa mengajukan pembuatan surat apapun secara elektronik dan arsipnya melalui online," jelas Iing.

Pada tahap awal, kata dia, program sedulur ini diharapkan mampu mempermudah masyarakat yang ingin mengurus persuratan di kelurahan.

Namun, tidak memiliki waktu. Karena berbagai kesibukan, sehingga mereka bisa mengaksesnya melalui sistem Sedulur.

"Jadi, nanti kalau mau surat apa saja, contoh pengantar pembuatan KTP, tinggal mengajukan melalui online. Disana akan ada syarat-syaratnya. Lalu penuhi dan surat akan dibuatkan oleh kelurahan. Nanti tinggal mengambil saja. Itu sedikit contoh manfaat dari program Sedulur ini," tutur Iing.

Sementara itu, Lurah Kecapi Kecamatan Harjamukti, Mimin Minarsih optimis program yang disiapkan tersebut akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan di masyarakat.

"Itu program (Sedulur, red) yang bagus. Kami juga sudah ada beberapa perangkat yang ikut pelatihan di Kecamatan sebagai operator nantinya," ujarnya. (sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "DKIS Ujicoba Program Sedulur, Pembuatan Surat Cukup Melalui Online"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...