Jika Dimutasi, Sekda Akan Melawan

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs H Yayat Ruhyat membenarkan bupati berencana mencopot dirinya dari jabatan saat ini. Hal ini disampaikan Yayat  kepada awak media, Jumat (28/12).
sekda kabupaten cirebon bakal dicopot dari jabatanya
Yayat Ruhyat. Foto: Ari/Rakyat Cirebon 
"Kaitan mutasi itu benar, karena bupati telah mengirim surat ke Kemendagri pada 13 Desember, dan dibalas pada 15 Desember atau selang dua hari saja," kata Yayat.

Menurut Yayat ada yang janggal dengan surat balasan dari Kemendagri. Ia menduga Kemendagri tidak cermat.

Sebab surat yang diusulkan Bupati Cirebon itu terkait penggantian jabatan dikarenakan Sekda mengikuti pencalonan bupati atau wakil bupati. Namun Mendagri membalas mengizinkan rotasi atau mutasi bahkan demosi.

"Dari substansi usulan Sekda mencalonkan lalu dasarnya apa. Kalau mengacu UU ASN kaitan PNS mencalonkan sudah diatur pasal 254, artinya bisa diberhentikan pada saat ditetapkan KPU nanti," tegasnya.

Lalu, lanjut Yayat, kenapa munculnya dimutasi bahkan demosi turun jabatan. Ketika turun jabatan harus ada aturan jelas, PNS memang bisa diberhentikan tapi ada alasannya apakah yang bersangkutan itu korupsi atau melakukan gratifikasi atau bahkan menjual aset negara.

"Sedangkan saya tidak lakukan itu, saya juga berangkat terus. Kalau ada salah harusnya teguran dulu lalu dipanggil. Kalau korupsi yang diperiksa dulu," lanjutnya.

Lebih lanjut disampaikan Yayat, surat Kememdagri ini seharusnya ditujukan kepada gubernur yang tembusannya ke ASN, tapi ini ASN tidak diberi tembusan, gubernur pun sama. Sehingga surat itu tunggal.

"Hal itu yang membuat saya bertanya-tanya. Apakah benar surat itu resmi, pasalnya hanya jangka dua hari Kemendagri sudah membalasnya," jelasnya.

Oleh karena itu, Yayat menegaskan akan melakukan perlawanan. Pertama pihaknya akan menanyakan hal itu kepada Kemendagri tentang kebenaran surat itu.

"Bisa saja surat itu dipaksakan, saya ingin menanyakannya. Intinya benar bupati mengusulkan pemberhentian jabatan saya. Dan saya akan melakukan perlawanan. Salah satunya saya sudah melaporkan ke Komisi I karena sebagai fungsi pengawasan terhadap pemerintahan," imbuhnya. (ari)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Jika Dimutasi, Sekda Akan Melawan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...