Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dana Jamkesmas RSUD Waled

SUMBER – Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Supirman SH menyambut baik pengusutan dugaan korupsi dana Jamkesmas tahun anggaran 2012 di RSUD Waled.
anggota dprd setuju pengusutan dugaan korupsi di rsud waled
Supirman. dok. Rakyat Cirebon 
Supirman mengaku sebelumnya juga sudah mendengar kabar bahwa sebelum diperiksa Inspektorat sejumlah pegawai RSUD Waled juga telah masuk penyelidikan KPK. 

“Ini temuan yang cukup fantastis, dan harus diusut sampai tuntas. Apalagi menyangkut hak orang banyak, Jamkesmas ini kan diperuntukan bagi masyarakat,” kata Supirman pada Rakcer, Jumat (10/11).

Menurutnya, kasus yang diduga akan menyeret sejumlah nama itu harus menjadi atensi semuanya. Bahkan bila perlu pemerintah daerah mengevaluasi manajemen  di RSUD Waled, termasuk sistem penggajian yang diatur dalam Perbup. 

“Sebab gajinya pegawai di sana cukup besar, misalnya untuk jabatan direktur gajinya sekitar Rp100 juta per bulannya,” kata pria yang akrab disapa Tong Eng. 

Lebih lanjut, politisi Partai Hanura itu mengatakan, menindaklanjuti informasi tersebut pihaknya akan mengundang Inspektorat untuk rapat dengar pendapat. 

Dalam RDP nanti,  pihaknya akan memberikan masukan kepada Inspektorat kaitan dengan tagihan-tagihan (klaim-klaim, red)  seperti Jamkesmas, Jamkesda, maupun BPJS. 

"Banyak kerawanan di RSUD, salah satunya soal klaim. RSUD misalnya mengajukan klaim 5000 pasien, tapi yang dikeluarkan hanya 4000. Ini kalau ditumpuk fantastis juga,” sambungnya. 

Persoalan lain adalah pada pembangunan di RSUD Waled yang diduga tidak sesuai dengan RAB. Padahal di dalam Permenkes bahwa bangunan untuk RS harus diperhatikan. Artinya, Inspektorat tidak hanya masuk dalam kasus itu, tapi yang lainnya juga harus diteliti. 

“Selain ditangani Inspektorat, kemungkinan juga akan ditangani Kejaksaan dan KPK. Saya dengar KPK juga tengah menangani persoalan ini,” terangnya. 

Bahkan,  KPK tengah fokus terhadap kasus tersebut.  Oleh karena itu, ia mengaku heran ketika Inspektorat ada temuan itu.  Apakah,  itu temuan inspektorat atau laporan dari KPK.  (ari)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dana Jamkesmas RSUD Waled"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...