Tahun Ini Jumlah Guru Honor Naik Drastis

SUMBER – Tahun ini, peningkatan Guru Honor di Kabupaten Cirebon melejit, pasalnya pada tahun sebelumnya tercatat sedikitnya hanya 6234 guru honor yang terdapat di lembaga sekolah dari tingkat TK/PAUD sampai dengan tingkat SMP, sedangkan saat ini sudah mencapai 9200 orang.
guru honor kabupaten cirebon naik
Ketua PGRI Kabupaten Cirebon Dadang  (tengah). Foto: Dandy/Rakyat Cirebon
Hal tersebut diungkapkan Ketua PGRI Kabupaten Cirebon Dadang saat ditemui diacara pelantikan Satgas PGRI, Rabu (29/11) di Gedung kampus UMC, bahwa peningkatan itu diakuinya cukup besar karena pada bulan Maret lalu baru ada 8500 guru honor.

“Tetapi itu masih jumlah yang begitu besar itu termasuk tenaga non pendidikan, seperti pegawai TU, operator sekolah, satpam atau penjaga di sekolah, juga guru honor itu sendiri. Tetapi meskipun demikian peningkatan yang hampir 50 persen harus dievaluasi kembali,” jelas Dadang kepada Rakyat Cirebon.

Dikatakan Dadang, Kambupaten Cirebon sendiri kekurangan Guru PNS, sehingga adanya guru honorer menjadi solusi atas persoalan itu. Maka dari itu pihak PGRI selalu senantiasa menyampaikan kepada pemerintah daerah agar guru honor diperhatikan terutama dalam kesejahteraanya.

“Tanpa guru honor jelas Kabupaten sangat kekurangan tenaga pengajar di sekolah, baik itu di tingkat dasar sampai dengan tingkat SMP. Selama ini tidak banyak pihak yang memperhatikan peranan guru honor tersebut, tetapi semoga pemberian uang intensif kepada guru honor bisa terealisasi di tahun 2018,” ujar Dadang.

Lebih lanjut dikatakan Dadang, peranan guru honor di sekolah memang sangat dibutuhkan, karena meskipun guru honor tersebut digaji dengan nominal yang sangat kecil tugas mereka sama dengan guru PNS bahkan ada beberapa yang lebih berat.

“Maka dari itu sudah sepantasnya meraka diberikan penghargaan olah pemerintah daerah melaui pemberian uang insentif kepada guru-guru yang berjasa menjadikan generasi muda lebih baik itu,” tandasnya. (dym)

Dapatkan berita terkini:

1 Response to "Tahun Ini Jumlah Guru Honor Naik Drastis"

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus