Sengketa Lahan Perhutani, Tiga Senjata Api Ilegal Belum Diserahkan

MAJALENGKA - Masyarakat yang memiliki dan menyimpan senjata api (senpi) rakitan ilegal diimbau untuk menyerahkan ke Kodim dan aparat terdekat. Imbauan itu dilontarkan Dandim 0617/Majalengka Letkol Arm Novi Herdian SH MM, Rabu (1/11).
pihak keamanan majalengka amankan dua senjata laras panjang
Pihak keamanan Majalengka amankan dua senjata laras panjang. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
"Kami mengimbau agar masyarakat sadar akan bahaya memiliki dan menyimpan senjata api secara ilegal. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan tindakan-tindakan kekerasan. Partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas kamanan dan ketahanan di wilayah dengan melaporkan atau menyerahkan secara sukarela apabila menyimpan senjata api ilegal kepada Babinsa dan Babinkambtibmas maupun aparat berwajib di wilayahnya," ujar Novi.

Pihaknya mengingatkan, UU Darurat nomor 12 tahun 1951 yang mengatur penyalahgunakan senjata api dapat dihukum cukup berat. Ia juga merasa tidak bangga apabila harus menangkap warga yang kedapatan memiliki senjata api. 

Ditegaskan Novi, pihaknya lebih senang apabila menempuh komunikasi dengan aparat di lapangan baik itu Babinsa maupun kepolisian.

Sebelumnya, buntut dari sengketa lahan di wilayah kecamatan Kertajati antara perum Perhutani dengan salah satu LSM, Kodim 0617/Majalengka berhasil mengamankan dua pucuk senjata api laras panjang dari masyarakat.

Pihak Kodim Majalengka mengapresiasi kepada masyarakat yang menyerahkan senjata api tersebut. Bahkan pihaknya mengindikasikan masih ada tiga pucuk senjata api lagi yang belum diserahkan.

"Senjata api ini diserahkan oleh tokoh masyarakat kepada anggota Koramil Kertajati yaitu Serma Darsum. Kami mengindikasikan masih ada tiga pucuk senjata lagi. Oleh karena itu kami menghimbau kepada warga untuk segera menyerahkan. Jangan takut, tidak akan kami proses. Malah kami mengapresiasi kepada warga yang sudah menyerahkan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga ketertiban di Majalengka. "Mari kita sama-sama untuk menjaga dan memelihara ketertiban di wilayah kita, kerjasama dari semuanya sangat dibutuhkan untuk Majalengka yang aman dan tertib," tandasnya.(hsn)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Sengketa Lahan Perhutani, Tiga Senjata Api Ilegal Belum Diserahkan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...