Polisi Selidiki Kasus Keracunan Kue Krepes yang Menimpa 29 Siswa SD

CIREBON – Sedikitnya 29 siswa  SDN 1 Muara, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, mengalami keracunan jajanan krepes, Kamis (2/11) pukul 07.30 Wib saat jam pelajaran berlangsung.
siswa sdn 1 muara cirebon keracunan kue krepes
Siswa SDN 1 Muara Kabupaten Cirebon dirawat setelah keracunan kue krepes. Foto: Dandy/Rakyat Cirebon
Berdasarkan informasi yang diperoleh Rakyat Cirebon di lapangan, kejadian bermula saat puluhan siswa sekolah tersebut membeli jajanan krepes sebelum jam pelajaran dimulai yaitu sekitar pukul 06.30 Wib. Selang beberapa menit setelah jam pelajaran dimulai gejala keracunan dialami beberapa anak yang telah membeli jajanan tersebut.

“Yang saya tahu keracunan itu terjadi saat jam pelajaran di kelas berlangsung, sedangkan siswa membeli jajanan krepes itu sebelum jam masuk sekolah, sekitar pukul 07.10 Wib anak-anak banyak yang mengalami mual, pusing dan muntah. Dengan sigap guru-guru langsung membawa siswa tersebut ke Pustu (Puskesmas Pembantu) setempat,” kata Camat Suranenggala Indra Safitri.

Dikatakan, setelah ditangani ke Pustu Muara, tetapi karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan akhirnya pihak sekolah membawa sebagian besar siswa yang terkena keracunan ke Puskesmas DTP Suranenggala untuk dilakukan pertolongan lanjut.

“Jumlah siswa yang makan krepes pagi itu sih ada 33 siswa, namun hanya 29 siswa yang mengalami gejala keracunan, dan 4 diantaranya mendapatkan perawatan intens di puskesmas Suranenggala,” katanya.

Kejadian tersebut sudah ditangani pihak Polres Kota Cirebon, dengan mengecek langsung tempat kejaian perkara (TKP) dan menyita barang bukti  berupa dua kue krepes, 10 botol kecil berisi adonan perasa makanan. 

Satu teko berisi adonen kue krepes, 1 buah kompor, 1 buah cetakan kue krepes, dan satu yunit sepeda motor milik pedagang kue tersebut serta gerobak dagang milik pedagang tersebut.
Pedagang kue krepes saat ini masih diamankan Polres Kota Cirebon dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, saat di konfirmasi Rakyat Cirebon, pihak Puskesmas melalui Dokter fungsional Gunawan AHS mengatakan, pihaknya memang menerima puluhan siswa yang berasal dari SDN 1 Muara yang diduga keracunan makanan di sekolah.

“Ya tadi pagi memang kami menerima pasien keracunan dari siswa SDN 1 Muara, menurut keterangan sih, penyebabnya diduga karena jajanan krepes,” kata Gunawan.

Gunawan juga mengetakan, setelah dilakukan pertolongan pertama, tim medis Puskesmas Suranenggala juga langsung mengambil sampel jajanan yang menyebabkan puluhan siswa keracunan.  “Kami ambil sampel, langsung kami serahkan ke dinas terkait untuk diteliti lebih lanjut,” ujarnya. (dym)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Polisi Selidiki Kasus Keracunan Kue Krepes yang Menimpa 29 Siswa SD"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...