Peserta Disabilitas Semangat Ikut MTQ

CIREBON – Pelaksanaan MTQ ke 44 Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2017 disambut antusias oleh para peserta. Tak terkecuali peserta disabilitas yang ikut bertanding di cabang Tilawatil Qur’an Cacat Netra (Canet).
cirebon gelar mtq untuk kaum disabilitas
Peserta MTQ kategori disabilitas. Foto: Yoga/Rakyat Cirebon
Sebanyak enam orang peserta cabang Canet ini satu persatu melantunkan ayat Qur’an di hadapan dewan juri. Berbeda dengan peserta lainnya yang diberikan tanda berupa lampu beberapa warna, pada cabang ini dewan juri menggunakan alat semacam mangkuk yang akan dipukul guna memberikan tanda kepada para peserta.

Walaupun dengan keterbatasan yang dimiliki para peserta, tidak terlihat rasa gugup maupun malu saat mendapatkan giliran. Mereka sangat fokus untuk mendengarkan instruksi para juri sehingga tantangan yang diberikan diselesaikan dengan baik.

Salah satu peserta yang ditemui, Slamet mengakui dirinya sangat berantusias mengikuti ajang MTQ tahun ini. Dirinya berharap, dapat memberikan hasil yang terbaik bagi daerahnya.

“Kita ingin mendapatkan dukungan dari semua pihak sehingga kita berikan kemampuan maksimal. Saya minta doanya agar saya bisa menang,” ujar pria yang berasal dari Desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan tersebut.

Slamet juga menyebutkan, dirinya akan terus memperdalam ilmu Qur’an walaupun dengan keterbatasan yang dimilikinya. “Saya ingin jadikan Qur’an sebagai pedoman hidup saya. Saya akan terus berlatih dan semoga bisa memberikan yang terbaik di MTQ tahun ini,” tandasnya.

Sementara itu, Jum’at (24/11) yang merupakan hari kedua pelaksanaan, beberapa cabang sudah dilombakan. Salah satunya adalah cabang Kaligrafi yang nampak diminati oleh para peserta.

Koordinator Dewan hakim kaligrafi, Ery Khaeriyah menjelaskan kaligrafi merupakan sebuah seni menulis termasuk juga keindahan dalam menuangkan ayat Al-Qur’an di atas kanvas. Oleh karena itu, sistem penilaian pun diberikan disesuaikan dengan detail hasil karya para peserta.

“Kita akan lihat siapa yang paling indah dan berseni. Ada beberapa teknik juga yang bisa digunakan para peserta dan kita nanti akan tentukan nilainya,” singkat Ery.(yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Peserta Disabilitas Semangat Ikut MTQ"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus