Pengaspalan Terganjal Tiang Listrik

KESAMBI – Proyek pengerjaan pelebaran persimpangan di lima titik se-Kota Cirebon belum rampung. Sampai 13 November lalu, progresnya masih di posisi 54 persen. Sementara waktu kontrak akan berakhir pada pekan ketiga Desember mendatang.
pelebaran simpang jalan di kota cirebon belum rampung
Tiang listrik di jalan Cipto berada di tengah trotoar. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
“Progresnya 54 persen per tanggal 13 November kemarin,” ungkap Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon, Ir Yudi Wahono DESS, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/11).

Diakui Yudi, kendala yang dihadapi masih sama, yaitu keberadaan utilitas semisal tiang listrik di sisi jalan yang akan terkena pelebaran. Masih ada beberapa tiang listrik yang belum digeser, karena belum ditemukan pemiliknya. Tapi sebagian besar sudah digeser.

“Masih ada beberapa tiang listrik yang masih berdiri di tengah trotoar atau bahkan di badan jalan yang terkena pelebaran. Tapi sebagian besar sudah ketemu pemiliknya,” jelasnya.

Dikatakan Yudi, keberadaan utilitas tersebut membuat pekerjaan pelebaran persimpangan terganggu. Misalnya seperti yang terjadi di persimpangan Jalan Evakuasi dan persimpangan Gunungsari. “Belum bisa dilakukan pengaspalan kalau tiang belum digeser. Kalau reklame sih sudah beres semua,” katanya.

Meski sejauh ini baru 54 persen, Yudi menegaskan, pihaknya tak risau. Pasalnya, pengaspalan menjadi item pekerjaan dalam proyek pelebaran persimpangan yang porsinya besar. “Artinya, ketika kita bisa menyelesaikan bagian pengaspalan, itu progresnya langsung bertambah banyak. Karena porsi pengaspalan itu besar,” terangnya.

Di sisi lain, Yudi juga menyampaikan, dalam proyek pelebaran jalan, selain terdapat item pekerjaan pengaspalan, juga pembuatan trotoar. Diakuinya, kualitas trotoar kali ini lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya. “Kualitas trotoarnya baik,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang warga di sekitar persimpangan Jalan Evakuasi, Hartono menilai, trotoar yang dibangun di persimpangan itu relatif lebih baik kualitasnya jika dibanding trotoar yang lebih dulu dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). “Trotoar yang sekarang dibuat, lebih bagus daripada trotoar DAK,” katanya. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Pengaspalan Terganjal Tiang Listrik"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus