Partai Republik Berharap Lolos

CIREBON – Partai Republik sebagai pendatang baru menjadi satu dari tiga partai politik (parpol) yang berkas verifikasinya belum bisa diproses KPU Kota Cirebon bersama PKPI dan PBB, lantaran di KPU pusat belum bisa menerima. Namun Partai Republik berharap bisa mengikuti dan lolos verifikasi.
kpu kota cirebon terus verifikasi parpol peserta pemilu
KPU Kota Cirebon verifikasi data parpol. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Hal itu disampaikan Ketua DPD Partai Republik Kota Cirebon, Galatia, kepada Rakyat Cirebon, Jumat (3/11) kemarin. Ia mengatakan, di Kota Cirebon pihaknya sudah memenuhi syarat untuk mengikuti verifikasi. Berkas sudah diserahkan pada saat masa penyerahan berkas verifikasi parpol ke KPU.

“Kita sudah ajukan berkas untuk verifikasi ke KPU Kota Cirebon. Data keanggotaan juga jumlahnya melebihi standar minimal dan sesuai dengan data di Sipol (Sistem Informasi Partai Politik, red). Makanya berkas administrasi kita diterima oleh KPU Kota Cirebon,” ungkap Galatia.

Dia menganggap wajar ketika KPU Kota Cirebon belum memproses verifikasi administrasi parpol yang dipimpinnya. Galatia menghormati sikap KPU kota yang menunggu keputusan dari KPU pusat. Ia berharap ada keputusan terbaik di pusat, agar bisa menjadi peserta Pemilu 2019.

“Memang di pusat kita sedang berjuang. Prosesnya sudah 75-80 persen, mudah-mudahan segera ada keputusan dan kita bisa ikut diverifikasi untuk kemudian lolos, sehingga bisa menjadi partai peserta Pemilu 2019,” tuturnya.

Sementara terpisah, Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani SE Ak menegaskan, pihaknya akan memulai proses verifikasi administrasi hingga faktual apabila sudah ada keputusan dari KPU pusat mengenai salah satu atau ketiga parpol itu.

“Kalau dari pusat sudah ada keputusan, kita siap proses verifikasi. Meskipun misalnya parpol lain sudah sampai pada tahap selanjutnya. Intinya, kita akan menjalankan keputusan dari pusat,” kata Emir.

Untuk diketahui, KPU Kota Cirebon tidak melakukan verifikasi administrasi terhadap tiga parpol yang di pusatnya tidak diterima KPU. Ketiga parpol itu yakni PKPI, PBB dan Partai Republik. Berkas verifikasi ketiga parpol itu diterima KPU kota, namun belum bisa dilakukan verifikasi. Oleh karena itu, dari 17 parpol, KPU hanya memverifikasi 14 parpol. 

Sementara berdasarkan verifikasi administrasi parpol, KPU Kota Cirebon menemukan sedikitnya 603 data nama kader parpol yang tercatat ganda. Guna memastikan nama-nama kader itu memilih parpol mana, petugas KPU melakukan verifikasi langsung dengan mendatangi nama tersebut. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Partai Republik Berharap Lolos "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus