Panwaslu Ajak Warga Ikut Mengawasi

MAJALENGKA - Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Majalengka menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018, di Aula SKB Majalengka, Selasa (31/10). Sosialisasi tersebut dihadiri peserta Ormas, Organisasi Kepemudaan (OKP), tokoh masyarakat, tokoh agama, insan pers dan undangan lainnya.
panwaslu majalengka sosialisasi pengawasan pemilu
Panwaslu Majalengka sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
Ketua panitia, Bayu Indra Pratama mengatakan, kegiatan tersebut digelar agar warga yang memiliki hak pilih, memahami tujuan utama dilaksanakannya pemilu, serta dapat turut serta melakukan pengawasan partisipatif demi pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sebagai partisipasi rakyat dalam pemilu. 

Selain itu, diharapkan pengawasan dengan melibatkan partisipatif masyarakat, sebagai bentuk peningkatan keaktifan masyarakat, untuk melaporkan langsung setiap kecurangan dalam Pilkada ke aparat penegak hukum.

“Kami ingin memberikan wawasan tentang tahapan pelaksanaan pemilihan umum dan potensi-potensi pelanggaran tiap tahapan pemilu demi tegaknya keadilan Pemilu,” ujarnya

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Majalengka, Agus Asri Sabana, mengatakan  sosialiasi Pengawasan Pemilu Partisipatif tersebut adalah untuk mengajak masyarakat turut serta berpartisipasi dalam mengawasi penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2018, serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Majalengka 2018.

Harapannya, lanjut Agus,  adalah masyarakat juga bisa ikut melakukan pengawasan demi tegaknya keadilan pemilu sesuai dengan moto Bawaslu RI “Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakan keadilan pemilu.”

Lebih lanjut Agus menambahkan, Panwaslu dan jajarannya memiliki keterbatasan personel untuk bisa mengawasi secara ideal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Jabar dan Pilkada Majalengka 2018.

“Jadi dengan dibantu masyarakat, unsur tokoh agama, tokoh masyarakat dan insan pers dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Jabar dan Pilkada Majalengka 2018, diharapkan kualitas pelaksanaan Pemilihan serentak dapat lebih baik lagi,” tuturnya.(hsn)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Panwaslu Ajak Warga Ikut Mengawasi"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus