PAN Gerah Sikap Bunda Fifi

CIREBON – Pernyataan bakal calon walikota Cirebon dari PAN, Hj Fifi Sofiah Effendi memang mengejutkan. Selain memberi isyarat mendukung calon walikota dari petahana Nasrudin Azis, Bundae Wong Cirebon itu juga mempersilakan DPP PAN memberi rekomendasi calon walikota Cirebon kepada Ketua DPD PAN, Dani Mardani SH MH.
dpd pan tepis ada kisruh internal jelang pilwalkot cirebon
Suhendi. Foto: Ist./Rakyat Cirebon 
“Apa yang disampaikan Bunda Fifi kemarin (Rabu, red) itu tidak mencerminkan seorang kader yang baik. Apalagi Bunda Fifi itu Puspilu DPW PAN Jawa Barat dapil VIII,” ungkap Ketua DPC PAN Kesambi, Suhendi SH, kepada Rakyat Cirebon, Kamis (9/11).

Suhendi menambahkan, sebagai Puspilu DPW PAN Jabar, Bunda Fifi seharusnya punya strategi pemenangan untuk calon dari PAN bisa menang di pilkada serentak. “Bukan malah seolah mendukung calon lain. Ini etika politiknya dimana? Harusnya Puspilu memberi contoh yang baik untuk kader di bawah,” katanya.

Menurut Suhendi, pernyataan kontroversial Bunda Fifi harus menjadi catatan untuk DPW dan DPP PAN. Pernyataan yang mempersilakan rekomendasi untuk Dani dan mengisyaratkan dukung Azis, dianggap kontradiktif dengan statusnya sebagai Puspilu DPW PAN Jabar.

“Sangat disayangkan. Bahasa itu menurut saya sangat tidak bijak. Karena Pak Azis itu bukan calon dari kita. Kemudian PAN juga sudah keluar dari KCM. Kecuali kita masih di KCM, mungkin masih ada toleransi,” tuturnya.

Ditambahkan Suhendi, Bunda Fifi yang mempersilakan rekomendasi calon walikota untuk Dani dan menyatakan bahwa Azis harus satu periode lagi, memberikan dampak tidak baik bagi PAN. Seolah ada kisruh di internal, padahal tidak ada.

“Mestinya berpikir dulu sebelum bicara. Apa dampak positif dan negatifnya. Tapi saya yakin dengan pernyataan seperti itu, justru Bunda Fifi memberikan dampak negatif kepada partai,” katanya.

Senada disampaikan Ketua DPD PAN Kota Cirebon, Dani Mardani SH MH. Dia juga mempertanyakan sikap Fifi dengan pernyataannya di arena Muscab Srikandi Pemuda Pancasila pada Rabu lalu. Dani mempertanyakan semangat Fifi untuk mendapatkan rekomendasi tiba-tiba surut. “Kenapa? (Padahal) dulu bersemangat,” kata Dani.

Mengenai pernyataan isyarat mendukung Azis, Dani menilai sebagai pernyataan Fifi sendiri secara pribadi. Hanya saja, ditegaskan Dani, PAN tidak mungkin akan mendukung Azis karena sudah tidak berada di satu poros koalisi untuk pilwalkot.

“Kalau kemudian beliau (Bunda Fifi, red) mendukung Pak Azis, itu lebih kepada sikap pribadinya. Tapi secara kelembagaan PAN, kita sudah punya koalisi tersendiri. Tidak mungkin mendukung petahana,” katanya.

Sebelumnya, dalam sambutannya usai dilantik sebagai ketua Srikandi Pemuda Pancasila Kota Cirebon, Bunda Fifi secara terbuka berpesan kepada Walikota Azis untuk melanjutkan kepemimpinannya pada periode 2018-2023. “Pak Wali harus satu periode lagi!” ucap Bunda Fifi.

Azis sendiri ada di barisan tempat duduk terdepan, dekat panggung tempat Bunda Fifi memberikan sambutan. Ia terlihat tersenyum ketika Bunda Fifi menyatakan hal itu. Bahkan di akhir sambutannya, Bunda Fifi kembali memberi isyarat mendukung Azis di pilwalkot dengan seruan “lanjutkan”.

Seusai acara, Fifi menyampaikan, soal rekomendasi calon walikota/wakil walikota, dia berharap DPP PAN memberikannya untuk Dani Mardani yang notabene kompetitornya. Sikap itu sontak menuai pertanyaan banyak kalangan. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "PAN Gerah Sikap Bunda Fifi "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus