Laverpoool, Brand Ketempling Buatan Siswa SMAN 4 Kota Cirebon

KESAMBI –   Menjalankan usaha kini tidak hanya dilakukan oleh profesional saja. Para pelajar pun bisa memainkan peran sebagai  pengusaha. Seperti yang dilakukan di SMAN 4 Cirebon.  Siswa di sekolah itu diajarkan menjalankan  usaha berdasarkan  ide sendiri.
sman 4 kota cirebon gulirkan program kewirausahaan  siswa
SMA 4 Kota Cirebon gulirkan program kewirausahaan siswa. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Wakil Kepala SMAN 4 Cirebon Bidang Humas, Yeni Nuriyani SPd MPd  menjelaskan, program kewirausahaan siswa di SMAN 4 merupakan  program unggulan yang bertujuan membentuk karakter  wira usaha pada siswa.

Menurutnya, ada 40 kelompok  usaha dari 10 kelas. Semua siswa yang mengikuti  program tersebut berasal dari kelas X.  Masing – masing kelompok merancang dan memproduksi sendiri produk usaha di bidang kerajinan, pengolahan dan budi daya.

“Sekarang ini anak – anak sudah bisa membuat produk sendiri. Ada kaos, tas serut, kerajinan, makanan, keripik dan kue – kue,” ungkap Yeni kepada Rakyat Cirebon saat ditemui di ruangannya, Rabu (1/11).

Ia menuturkan, produk kewirausahaan siswa bahkan sudah  dipasarkan tak hanya di lingkungan sekolah saja. Melalui kegiatan kunjungan dan bazar, produk  tersebut bahkan  sudah dipesan pejabat.

“Kemarin, Kapolres Cirebon Kota Pak Vivid pesan kaos dari dr Clothing (nama kelompok usaha siswa, red). Bahkan, Kapolres ingin didisainkan kaos untuk  anak buahnya,” ujar Yeni.

Tak hanya itu, kata dia, produk hasil  tangan siswa SMA itu juga bahkan dijual  di pameran dan pusat keramaian masyarakat. Hasilnya, siswa sudah bisa mengantongi keuntungan sendiri meski pun jumlahnya tidak banyak. 

“Sudah ada yang jualan di GOR Bima sampai ada pesanan dari Jakarta. Yang dituju bukanlah  keuntungannya, tapi bagaimana anak kelas X bisa punya perusahaan sampai ke luar kota,  itu kan luar biasa,” lanjut dia.

Sementara itu, salah satu siswa yang mengikuti program tersebut, Saskia Dyra mengaku tertantang  pada program kewirausahaan sekolah. Bersama teman – temannya yang tergabung pada perusahaan Laverpoool, Saskia memproduksi ketempling rebon dan mango sticky rice.

“Karena kami dituntut membuat inovasi baru, nyari apa yang bisa digali dari Cirebon dan Jawa Barat sendiri, makanya  kami inovasi  ketempling dengan rebon,” ujar Saskia yang juga Direktur Laverpoool.

Tak hanya Saskia dengan perusahaan Laverpoool nya, masih ada 39 direktur perusahaan  siswa SMAN 4 Cirebon siap menciptakan produk unggulan. Rencananya, produk – produk tersebut bakal dipamerkan dan dijual pada expo sekolah awal Desember mendatang. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Laverpoool, Brand Ketempling Buatan Siswa SMAN 4 Kota Cirebon "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus