Kunjungan ke Keraton Kasepuhan Naik Tiga Kali Lipat

CIREBON – Sejak dibukanya Tol Cipali kunjungan wisata  ke Kota Cirebon meningkat signifikan. Hal ini membuat omzet tempat – tempat wisata juga ikut terdongkrak. Bahkan, kunjungan ke keraton Kasepuhan naik tiga kali lipat.
tol cipali ikut dongkrak kunjungan ke cirebon
Sejumlah wisatawan saat mengunjungi museum pusaka keraton Kasepuhan Cirebon. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Lurah Keraton Kasepuhan,  Moh Maskun mengatakan, setiap hari ada saja wisatawan yang datang ke lingkungan keraton untuk berlibur. Sebagian besar berasal dari luar kota. Lebih lagi saat week end tiba, peningkatanya bisa tiga kali lipat.

“Kunjungan Alhamdulillah, stelah adanya Tol Cipali wisata di Cirebon makin maju. Di  keraton, setiap tahun selalu ramai pengunjung,” ungkap Maskun kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Menurutnya, sehari pengunjung  keraton bisa menyentuh 5 ribu pengunjung. Ada yang datang dari Jakarta, Bandung hingga daerah – daerah lain di Jawa. “Ada juga yang lintas provinsi dan mancanegera juga banyak, Korea, Belanda, India, Eropa, dan Suriname itu pernah kesini,” jelas dia.

Maskun menjelaskan,  tempat favorit kunjungan wisatawan biasanya di bagian dalam keraton, monomen bersejarah hingga museum yang belakangan baru dibuka.  Tujuan wisatawan keraton beragam. Ada yang ingin menikmati suasana, ada juga yang  penasaran akan sejarah keratin. 

“Selain itu, tak sedikit pula yang ingin melihat langsung benda – benda pusaka keraton. Ada yang ke Singa Barong, museum, juga benda – benda   yang bernilai sejarah,” ujar dia. 

Sementara itu, salah seorang pengunjung Rahmawati menuturkan, kedatangannya  ke keraton Kasepuhan bersama rombongan merupakan agenda  rutin. Keraton Kasepuhan dipilih karena menawarkan sensasi  wisata berbeda dengan tempat lain. 

“Ini agenda rutin kami dan kebetulan keraton ini yang dipilih. Sejauh ini tempatnya bagus, unsur sejarahnya juga masih ada bersih dan terawatt,” katanya.  (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Kunjungan ke Keraton Kasepuhan Naik Tiga Kali Lipat"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...