KPU Temukan 603 Nama Ganda, Berkas Tiga Parpol Tidak Diproses

CIREBON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon kini masih melakukan penelitian administrasi partai politik (parpol). Berdasarkan verifikasi, sementara diketahui ada 603 nama yang tercatat di lebih dari satu parpol, ada yang ganda, bahkan juga ada yang triple.
kpu kota cirebon terus verifikasi parpol peserta pemilu
Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani (kedua kanan) saat menjelaskan tahapan Pilkada 2018. dok. Rakyat Cirebon
“Kami temukan 603 data ganda di hampir semua parpol. Bahkan ada juga satu nama ditemukan di 3 parpol berbeda. Itu diketahui setelah pemeriksaan data berdasarkan sipol (sistem informasi parpol, red),” ungkap Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani SE Ak, ditemui di kantornya, kemarin.

Ia menjelaskan, untuk melakukan verifikasi administrasi parpol, KPU membentuk tiga tim. Tapi guna mengklarifikasi secara faktual kepada nama-nama yang ditemukan ganda, KPU menerjunkan empat tim. KPU menanyakan langsung kepada nama-nama itu mengenai pilihan parpolnya.

“Kami pastikan nama yang ganda itu memilih parpol yang mana. Nanti yang bersangkutan membuat surat pernyataan, itulah dasar kami mencantumkan nama tersebut di parpol mana,” ujarnya.

Selain itu, Emir juga menyampaikan, pihaknya tidak melakukan verifikasi administrasi terhadap tiga parpol yang di pusatnya tidak diterima KPU. Ketiga parpol itu yakni PKPI, PBB dan Partai Republik. Berkas verifikasi ketiga parpol itu diterima, namun belum bisa dilakukan verifikasi.

“Jadi dari 17 parpol, kami memverifikasi 14 parpol. Karena tiga parpol di KPU pusat tidak‎ diterima, maka kami  tidak lakukan verifikasi,” katanya.

Untuk diketahui, penelitian administrasi parpol dilakukan selama 17 Oktober-15 November, pada 16-17 November penyampaian hasil penelitian, perbaikan administrasi oleh parpol pada 18 November-1 Desember‎, penelitian administrasi hasil perbaikan pada 2-11 Desember, penyampaian hasil penelitian perbaikan (DPP/N parpol) pada 12-14 Desember.

Kemudian verifikasi faktual pada 15 Desember 2017-4 Januari 2018, penyampaian hasil verifikasi faktual pada 4-6 Januari, perbaikan hasil verifikasi faktual pada 7-20 Januari, verifikasi faktual hasil perbaikan pada 21 Januari-3 Februari, penyusunan berita acara hasil verifikasi pada 4-5 Februari, dan penetapan parpol peserta pemilu dilakukan pada 17 Februari 2018. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "KPU Temukan 603 Nama Ganda, Berkas Tiga Parpol Tidak Diproses "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus