KPU Segera Laksanakan Seleksi Tertulis PPS

CIREBON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon terus melaksanakan kegiatan dalam rangka persiapan pemilihan bupati dan wakil bupati Cirebon Tahun 2018 mendatang. Setelah melantik PPK, KPU dalam waktu dekat ini akan melaksanakan tes tertulis bagi calon PPS se-Kabupaten Cirebon.
kpu kabupaten cirebon seleksi calon pps
KPU  Kabupaten Cirebon seleksi calon PPS. Foto: Yoga/Rakyat Cirebon
Berdasarkan informasi yang dihimpun Rakyat Cirebon, Jum’at (3/11) nanti akan diselenggarakan tes tertulis bagi calon PPS yang sudah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi. Berbeda dengan tes PPK, untuk tes tertulis PPS ini akan dilakukan di kecmatan masing-masing tempat mendaftar.

Komisioner KPU, Sudiono membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, kartu peserta tes tulis ini sudah bisa diambil di PPK masing-masing.

“Hari ini PPK mengambil id card peserta di kantor KPU untuk dibagikan kepada peserta seleksi. Nanti seleksinya Tanggal 3 November di kecamatan masing-masing-masing,” terang Dion, sapaan akrabnya.

Dion menyebutkan, penyebaran tes tertulis ini dilakukan dikarenakan banyaknya peserta yang akan mengikuti. Lebih dari 2ribu peserta, lanjutnya, akan bersaing untuk mendapatkan jatah tiga kursi per desa/kelurahan.

“Total pendaftar itu ada 2468 orang dan yang tidak lolos ada 29 sehingga yang akan mengikuti tes tertulis 2439 orang. Dengan jumlah sebanyak itu, akan susah apabila tes dilakukan di satu tempat. Makanya, kita pilih untuk di kecamatan masing-masing,” tambahnya.

Mengenai jumlah yang dibutuhkan sendiri, Dion mengatakan PPS se-Kabupaten Cirebon ada 1272 orang. “Memang per desa atau kelurahan tiga orang,” singkatnya.

Dalam kesempatan ini juga, Dion mengatakan tes tertulis PPS ini merupakan tugas pertama yang diberikan kepada PPK. Dengan kata lain, PPK akan menjadi panitia seleksi PPS. 

“Kita berikan tugas kepada PPK agar mereka juga lebih mengenal siapa saja PPS yang nantinya akan terpilih. Koordinasi tentunya diperlukan sehingga PPK harus mengetahui sejauhmana kemampuan dari PPS masing-masing,” tandasnya.(yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "KPU Segera Laksanakan Seleksi Tertulis PPS"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...