KPU Launching Pilwalkot Cirebon, Walikota Ajak Kompetisi Santun

CIREBON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon meluncurkan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon 2018, tadi malam, di lapangan Kebumen atau di depan kantor KPU setempat. Acara tesebut dihadiri sejumlah ketua partai politik di Kota Cirebon dan komponen lainnya.
kpu siap laksanakan pilwalkot cirebon
Walikota Cirebon Nasrudin Azis secara simbolis coblos surat suara. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani SE Ak menyampaikan, ‎Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan pilwalkot yang masuk dalam rangkaian pilkada serentak 2018, harus menjadi momenum untuk saling menghormati hak-hak konstitusi masyarakat. 

"Pilgub dan Pilwalkot 2018 yang tinggal 226 hari lagi harus didasari semangat untuk menghormati hak-hak masyarakat," ungkap Emir.

Ia menambahkan, pesta demokrasi lima tahunan tak terasa akan digelar kurang dari 8 bulan lagi. Terakhir kali Kota Cirebon melaksanakan pilkada pada 24 Februari 2013 lalu. "Sekarang KPU sudah meluncurkan rangkaian agenda Pilwalkot 2018," ujarnya.

Emir mengatakan, Pilkada serentak tahun depan akan lebih besar dibanding dua edisi pilkada serentak sebelumnya, yakni 2015 dan 2017. 

Di tahun depan, pilkada serentak akan diikuti 171 daerah, baik provinsi, kabupaten maupun kota. "Ini akan lebih hangat dibanding dua putaran pilkada serenak sebelumnya. Karena tahun 2018 ini sebagai pintu masuk untuk Pemilu 2019. Apalagi di Jawa Barat," tuturnya.

Dikatakan Emir, demi kesuksesan Pilkada serentak 2018 KPU Koa Cirebon terus berperan aktif melaksanakan berbagai tahapan pilkada.

"Salahsatunya hari ini (tadi malam, red). Kita memilih acaranya outdoor, sebagai bentuk sosialisasi ke masyarakat. Kalau indoor, hanya undangan yang tahu," kata dia.

Selain itu, Emir juga mewanti-wanti kepada masyarakat Kota Cirebon untuk tidak menjadi golongan putih (golput) atau tidak menentukan pilihan di Pilwalkot 2018 mendatang.‎ 

"Masyarakat Kota Cirebon harus berani memilih dan bertanggungjawab atas pilihannya. Sudah tidak zaman lagi golput," katanya.

Sementara itu, Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH menyampaikan, ‎setiap putra daerah yang ingin kotanya maju, pasti memiliki spirit yang sama untuk kotanya lebih baik. Untuk itu, Azis mengajak kepada semua komponen masyarakat untuk menyukseskan Pilkada serentak 2018.

"Karena kesuksesan pilkada serentak itu bukan hanya tanggungjawab KPU. Tapi tanggungjawab kita semua. Bagaimana agar tingkat partisipasi bisa maksimal, lakukan sosialisasi oleh semua partai maupun kandidat. Karena itu adalah cara efektif untuk sosialisasi ke masyarakat bahwa akan ada pilkada serentak pada 27 Juni 2018," tuturnya.

Selain itu, Azis juga mengajak kepada semua ketua parpol untuk mempersiapkan diri menghadapi sebuah kekalahan dalam kontestasi politik pilkada. "Karena menjadi permasalahan, ketika kita kalah tapi tidak siap. Siapapun yang akan jadi pemimpin, itu putra daerah terbaik. Mari kompetisi dengan baik, santun dan bermartabat," katanya. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "KPU Launching Pilwalkot Cirebon, Walikota Ajak Kompetisi Santun "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...