Koalisi Umat Cari Kandidat

CIREBON – Enam kandidat bakal calon walikota/wakil walikota dari parpol komponen Koalisi Umat harus bersiap-siap ditinggalkan. Poros koalisi yang dibentuk PKS, PAN dan Partai Gerindra itu tidak menjamin akan mengusung figur di antara enam orang itu.
parpol koalisi umat buka kandidat di luar parpol
Heru Cahyono (kiri) bersama Dani Mardani. Foto:Fajri/Rakyat Cirebon 
Keenamnya yakni Dani Mardani SH MH dan Hj Fifi Sofiah dari PAN, H Karso dari PKS, serta Heru Cahyono MESy, H Dede Muharam Lc dan Ali Rahman SH dari Partai Gerindra. Tidak ada garansi bagi mereka untuk mendapatkan rekomendasi bakal calon walikota/wakil walikota yang diusung Koalisi Umat.
“Kesepakatan kita berdasarkan musyawarah bersama, tidak harus kandidat dari partai Koalisi Umat yang diusung. Kita akan kalkulasi matang, yang terpenting menang di Pilwalkot 2018,” ungkap Sekretaris DPC Partai Gerindra, H Heru Cahyono MESy, tadi malam.
Heru yang juga kandidat bakal calon walikota/wakil walikota menyatakan akan menerima, apabila dirinya tidak direkomendasi untuk diusung di pilwalkot. Begitu juga kandidat lain, kata Heru, harus menerima dan siap memenangkan kandidat yang diusung bersama.
“Artinya, kita tidak mematok bahwa yang diusung harus dari partai Koalisi Umat. Figur dari luar juga sangat memungkinkan, kalau kalkulasinya menang. Misalnya begini, pasangan Dani-Karso, kalau tidak mungkin menang ya kita tidak akan usung. Kemudian misalnya saya dengan Karso, juga kalau tidak akan menang, ngapain diusung?” tuturnya.
Bahkan, Heru menyebutkan, tidak menutup kemungkinan Koalisi Umat akan mencari figur alternatif dari kalangan birokrat maupun profesional. Kesepakatan bersama untuk saling menerima dan mendukung, kata dia, yang menjadi pembeda ketika Partai Gerindra berada di Koalisi Cirebon Maju yang mematok mengusung petahana Drs Nasrudin Azis SH.
“Inilah indahnya Koalisi Umat. Koalisi yang dibentuk berdasarkan musyawarah untuk mufakat dengan penuh kebersamaan. Kalau kemarin di KCM itu harus mengusung petahana, sekarang di Koalisi Umat, siapapun yang akan diusung kita akan siap,” kata dia.
Sebelumnya, Ketua DPD PAN, Dani Mardani SH MH yang juga deklarator Koalisi Umat mengakui, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk mengusung figur di luar parpol elemen Koalisi Umat. “Sangat memungkinkan, sepanjang berdasarkan kesepakatan bersama,” ungkap Dani.
Ia menambahkan, di dalam Koalisi Umat tidak ada keharusan untuk mengusung kandidat yang memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas tinggi. Kesiapan kandidat juga akan menjadi pertimbangan. “Dalam menentukan siapa yang akan diusung, kita akan banyak pertimbangan. Selain survei, juga kesiapan,” katanya. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Koalisi Umat Cari Kandidat"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...