Keselamatan Sebagian Besar Pekerja Diabaikan

PARA wakil rakyat dari Komisi II DPRD Kota Cirebon juga dikejutkan oleh aktivitas para pekerja bangunan di proyek gedung setda 8 lantai yang tak mengenakan perangkat keamanan, semisal helm dan sepatu. Padahal di lokasi megaproyek senilai Rp86 miliar itu penuh material rawan roboh.
pekerja pembangunan gedung setda kota cirebon abaikan standar k3
Komisi II DPRD Kota Cirebon sidak pembangunan gedung Setda. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Berdasarkan pantauan di lokasi proyek, sebagian besar pekerja bangunan di sana tak mengenakan helm dan sepatu sebagaimana standar Kesehatan Keamanan Kerja (K3). 

Mereka hanya mengenakan topi, bahkan banyak juga yang tidak mengenakan pelindung kepala. Begitu juga di bagian kaki, mayoritas mereka tak mengenakan sepatu sesuai standar K3.

“Kata pihak sana (kontraktor, red) tidak ada lagi helm dan sepatunya. Jadi seadanya saja, yang penting hati-hati dalam bekerja,” ucap seorang pekerja, ditemui di sela-sela aktivitasnya di lokasi proyek gedung setda.

Ia mengaku, setiap hari ia bekerja di sana tanpa pelindung kepala dan kaki, sebagaimana standar K3. Pria bertopi itu mengaku tak risau, karena sudah terbiasa bekerja bangunan. “Tapi memang kalau proyek besar seperti ini idealnya ada alat-alat keamanan kerja,” kata dia.

Sementara itu, mandor pelaksana dari PT Rivomas Pentasurya, Ujang mengklaim pihaknya sudah memberlakukan standar K3. Helm dan sepatu, diklaim Ujang, sudah disiapkan pihaknya. “Semua sudah disiapkan, tapi tidak dipakai. Tiap pagi juga kita brifing,” katanya.

Hanya saja, Ujang mengakui, jumlah helm dan sepatu yang disiapkannya kurang dari jumlah pekerja. Saat ini, PT Rivomas mempekerjakan 270 orang yang terbagi jadi tiga shif. Sementara helm tersedia hanya 200 unit dan sepatu 50 pasang. “Memang sangat beresiko. Makanya kita akan lebih tegas lagi mengarahkan,” katanya. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Keselamatan Sebagian Besar Pekerja Diabaikan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...