Kertas Nasi dan Sterefoam Berbahaya bagi Kesehatan

MAJALENGKA - Puskesmas Majalengka yang beralamat  di jalan Ahmad Kusuma Cicurug Kecamatan Majalengka setiap harinya memberikan penyuluhan kepada pasien yang datang mengenai penggunaan kemasan makanan dan minuman yang aman.
puskesmas majalengka waspadai kemesan makanan plastik
Puskesmas Majalengka. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
Pemegang Program Kesehatan Lingkungan Puskesmas Majalengka Lilis Noviani Solihah, menjelaskan bahwa penyuluhan yang dilakukan Puskesmas Majalengka berkaitan dengan kemasan makanan dan minuman yang aman.

Dijelaskan Lilis,  pihaknya memberikan informasi kepada masyarakat luas khususnya pasien yang berkunjung ke Puskesmas Majalengka mengenai kemasan makanan dan minuman apa saja yang aman digunakan dan tidak membahayakan tubuh. Misalnya masyarakat harus tahu kode-kode daur ulang kemasan dari plastik.

"Contoh kemasan botol mineral kode daur ulangnya adalah angka 1 maksudnya botol minuman mineral hanya dipergunakan untuk satu kali pakai tidak boleh dipakai berulang. Karena akan membahayakan kesehatan. Kode daur ulang yang aman bagi kesehatan adalah dengan kode 4,5,6,7. Itu kode yang bisa dipakai berulang dan aman utuk makanan panas," jelas Lilis, Rabu (22/11).

Disamping itu, sambung Lilis, menggunakan kertas nasi untuk makanan panas sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena panas yang ditimbulkan, akan memicu bahan berbahaya yang ada di dalam kertas nasi keluar dan mencemari makanan.

"Begitupun bahan sterefoam tidak boleh dipergunakan untuk bahan makanan panas. Karena, bahaya yang ditimbulkannya adalah penyakit kanker, pencernaan, dan ginjal," tandasnya. Sementara tujuan dari penyuluhan itu sendiri agar masyarakat mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan kemasan makanan dan minuman yang tidak aman.

"Penyuluhan tidak hanya dilakukan di dalam gedung puskesmas saja akan tetapi dilaksanakan di luar gedung. Misalnya, Posyandu, kegiatan Puskesmas Keliling, serta penyuluahan ke sekolah-sekolah," ujarnya.(hsn)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Kertas Nasi dan Sterefoam Berbahaya bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus