Jalan Pengubung Desa Singkup Ambles

KUNINGAN - Akibat curah hujan tinggi di Kabupaten Kuningan menyebabkan bencana longsor di Kecamatan Japara tepatnya di jalan penghubung desa Singkup dan Dukuh Dalem.
wilayah kuningan dilanda longsor
Warga desa Singkup Kuningan sedang memberi garis penghalang di jalan yang ambles. Foto: Gilang/Rakyat Cirebon
Jalanan penghubung dua desa tersebut tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat karena hampir setengahnya bahu jalan ambles. Dari pantauan lapangan, kejadian longsor tersebut pertama kali terjadi, Selasa (21/11).

Salah satu warga sekitar Agung Sutan Syah Putra (24) mengatakan, pada selasa sore, memang daerah Japara diguyur hujan cukup lebat hingga mengakibatkan terkikisnya tanah yang berada dibahu jalan penghubung dua desa.

“Selasa kemarin sekitar jam 16.00 WIB an pertama kali jalanan ambles. Memang hujannya cukup deras dari kemarin-kemarin, mungkin karena itu jalanan menjadi ambles,” paparnya.

Untung saja lanjutnya, ketika kejadian posisi jalanan sedang sepi sehingga tidak adanya korban jiwa. Mengingat katanya, amblesnya jalan cukup dalam. Untuk menghindari terjadinya korban lanutnya, dari pihak warga sengaja memasang tali pengaman disekitaran jalan ambles.

“Warga sengaja turun pada saat itu untuk memasangkan penanda bahwa jalanan ambles. Takutnya kan, karena sekitaran situ cukup sepi dan gelap pada malam hari adanya korban,” paparnya.

Kejadian tanah longsor pun cepat ditanggapi pihak keamanaan sekitar, tampak besok harinya kata Agung, petugas melakukan monitoring serta membuatkan penanda yang lebih layak. Untuk saat ini, jalanan sendiri belum dapat dilalui kendaraan roda empat, hanya roda dua yang dapat melintas. (gio)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Jalan Pengubung Desa Singkup Ambles"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus