Golkar Usulkan Siswandi

CIREBON – Bakal Calon Walikota dari Partai Golkar, Brigjen (Pol) Drs Siswandi kini di atas angin. DPD Partai Golkar Kota Cirebon memutuskan akan mengusulkan Siswandi ke DPP Partai Golkar untuk direkomendasi menjadi calon walikota di Pemilihan Walikota (Pilwalkot) 2018 mendatang.
siswandi serius maju di pilwalkot cirebon
Siswandi salam komando bersama Lili Eliyah. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Keputusan itu diambil secara resmi melalui forum rapat pleno yang digelar di kantor DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Sabtu (11/11) lalu. Rapat yang dipimpin langsung Ketua DPD Partai Golkar, Ir Toto Sunanto itu berlangsung tertutup bagi media massa.
Setelah selesai rapat pleno, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Lili Eliyah SH MM menuturkan, rapat pleno tersebut sebagai tindaklanjut dari rapat pleno yang pernah digelar beberapa waktu lalu untuk memutuskan pihaknya mendukung kader internal untuk diusung di pilwalkot.

“Hasilnya, kita mendukung Pak Siswandi untuk di posisi calon walikota atau E1 dan Pak Toto untuk di posisi E2. Ini bukan sepaket. Jadi kalau di dalam koalisi menyepakati bahwa Partai Golkar dapat posisi E1, maka Pak Siswandi yang diusung. Tapi kalau hanya E2, Pak Toto,” ungkap Lili.

Dengan hanya memiliki 4 kursi di DPRD, Partai Golkar harus berkoalisi di Pilwalkot 2018 agar memenuhi syarat minimal 7 kursi untuk mengusung pasangan calon walikota dan wakil walikota. Makanya Beringin kota mengusulkan dua nama itu di masing-masing posisi dengan status optional.

“Kita di sini hanya mengajukan aspirasi ke DPP. Pada akhirnya tergantung DPP. Kalau sudah rekomendasi DPP, mau tidak mau harus menerima, siapapun yang direkomendasi,” ujarnya.

Lantas, bagaimana dengan Effendi Edo SAP MSi? Bakal calon walikota yang juga dari Partai Golkar itu disebut-sebut juga punya peluang besar direkomendasi. Edo juga sudah ditetapkan sebagai kandidat tunggal dari PPP melalui rapimcab beberapa hari lalu.

Kali ini Lili justru melunak terhadap gerakan Edo. Padahal sebelumnya ia seringkali terlibat konfrontasi dengan adik ipar mantan Walikota Cirebon, Drs Ano Sutrisno MM (alm) itu. Lili mengapresiasi Edo yang mampu mendapatkan dukungan PPP. Dia juga menegaskan, Edo masih sebagai bakal calon walikota dari Partai Golkar.

“Pak Edo itu masih bakal calon dari Partai Golkar. Soal dia mendapatkan rekomendasi dari PPP, itu bagus hasil usaha dia. Saya apresiasi langkah itu. Kalau DPP merekomendasikan dia, tentu kita usung,” kata wakil ketua DPRD Kota Cirebon itu.

Sementara itu, Toto menegaskan, sikap Partai Golkar tetap mengusulkan salah satu kader internalnya untuk diusung di Pilwalkot 2018. Namun demikian, Toto realistis. Dirinya hanya diusulkan di posisi calon wakil walikota. “Kenapa Pak Siswandi di posisi E1? Karena beliau kita anggap mampu dan peluang menangnya cukup besar,” katanya.

Dikatakan Toto, usulan calon walikota untuk Siswandi dan calon wakil walikota untuk dirinya, hanya sebatas aspirasi dari kelima Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar dan DPD. Selanjutnya, hasil rapat pleno itu akan dikirimkan ke DPP. 

“Ini hanya masukan dari internal Golkar Kota Cirebon ke DPP. Insya Allah hasil rapat pleno ini akan dikirim ke DPP langsung,” katanya. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Golkar Usulkan Siswandi "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...