Fasilitas Puskesmas Losari Lengkap, Dikenal Luas Warga Brebes

CIREBON - Puskesmas Losari, Kabupaten Cirebon belum lama ini telah diakreditasi. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan kinerja. 
puskesmas losari cirebon dipadati warga perbatasan
Pasien asal Jawa Tengah sedang dirawat di puskesmas Losari kabupaten Cirebon. Foto: Zezen/Rakyat Cirebon
Meskipun hasilnya belum diketahui, tetapi Puskesmas Losari optimis bisa mendapatkan hasil positif. Sebagai puskesmas yang berada di daerah perbatasan, antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah, Puskesmas Losar sudah memiliki fasilitas lengkap dan telah mendapatkan kepercayaan masyarakat. 

Kepala Puskesmas Losari, Hermanto SKM MM, mengatakan lengkapnya fasilitas yang dimiliki, akan berimbas pada hasil positif yang akan diraih oleh puskesmas yang belum lama ini telah disurvei untuk diakreditasi. 

Karenanya, batasan minimal yang akan diperolehnya adalah nilai predikat utama. “Minimalnya itu, dan kami optimis karena sudah melewati masa persiapan yang relatif panjang, kurang lebih satu tahun lamanya kita persiapkan,” katanya ke Rakyat Cirebon,  Kamis (16/11).

Penilaian akreditasi sendiri dilakukan awal Oktober lalu. Dan informasinya, lanjut Hermanto, hasilnya baru akan keluar tiga bulan setelah diadakannya penilaian. Makanya, kemungkinan hasil itu akan didapatkan dalam waktu dekat ini.

Meskipun baru pertama kali dilakukan akreditasi, kata Hermanto, di masa jabatannya, target predikat utama cukup realistis didapat puskesmas yang berada di jalur pantura itu. 

Menurutnya, memang tidak mudah mendapatkan predikat itu. Tetapi dengan lebih baiknya pelayanan yang diberikan, serta lebih lengkapnya fasilitas yang dimiliki, akan menjadi nilai tambah dan cukup pas untuk diterima. 

Ia menjelaskan, bahwa puskesmas yang kini dipimpinnya, sudah dikenal oleh masyarakat di luar wilayah Losari, bahkan hingga ke Jawa Tengah.  Hal itu tidak lepas dari kelengkapan fasilitas dan baiknya pelayanan yang diberikan.

“Puskesmas kita  sudah dikenal oleh masyarakat dari luar provinsi, yakni dari Brebes Jawa Tengah, dan lebih dikenal sebagai puskesmas yang memiliki perawatan pasien penuh. Karena  kita tidak pernah kehabisan tabung, diantaranya dari Losari Lor Brebes yang sering datang, dan mereka lebih memilih ke sini, dibandingkan ke Bhakti Asih, karena jarak yang cukup jauh,” tegasnya.

Menurut Hermanti, meskipun banyak pasien dari luar wilayah kerjanya, mereka tetap mendapatkan pelayanan yang baik. Layanan itu tidak hanya terfokus untuk masyarakat di wilayah kerjanya saja, lebih-lebih ketika posisinya berada di jalur perbatasan. “Di sini kesana kemari jauh dari layanan rumah sakit. Makanya pelayanan puskesmas Losari ini harus semaksimal mungkin,” pungkasnya. (zen) 

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Fasilitas Puskesmas Losari Lengkap, Dikenal Luas Warga Brebes"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...