Dekranasda Perluas Pangsa Pasar Kerajinan Kuningan

KUNINGAN - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mendapat bantuan satu unit mobil operasional dari bank BJB cabang Kuningan.  Bantuan tersebut untuk menggali dan mengembangkan potensi kerajinan di wilayah Kabupaten Kuningan.
bjb serahkan satu unit mobil kepada dewan kerajinan kuningan
BJB serahkan satu unit mobil kepada Dewan Kerajinan Kuningan. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Penyerahan satu unit kendaraan Luxio ini, diserahkan langsung oleh Kepala Cabang bank BJB Kuningan Maman Rukmana kepada kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan, Hj Ika Acep Purnama. 

Juga disaksikan langsung oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, Asda II Dadan Supardafn dan Kabag Perekonomian Dr Toto Toharudin pada pada Apel Pagi, di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (6/11).

Bupati Kuningan, H Acep Purnama, dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada bank BJB atas perannya dalam mendukung upaya yang dilakukan Dekranasda Kabupaten Kuningan dalam membina para pelaku ekonomi kreatif.

“Dengan bantuan ini, semoga lebih menggerakan sektor ekonomi berbasis masyarakat serta membuka peluang usaha bagi promosi kearifan lokal industri kerajinan seni di kabupaten Kuningan,” kata Acep.

Ia berharap kepada Dekranasda untuk terus berkiprah dalam membina industri kreatif. Kendaraan operasional bantuan dari bank BJB agar dimanfaatkan optimal serta dirawat dengan baik sesuai fungsinya.

Sementara itu, Sekretaris Dekranasda Dr Toto Toharudin yang juga menjabag sebagai Kabag Perekonomian Setda Kuningan mengungkapkan, sesuai dengan visi dan misinya, mewujudkan Dekranasda sebagai wadah pengembangan produk kerajinan unggulan yang berkualitas. 

Selain itu, kata dia, dengan bantuan satu uni mobil ini bisa menggali dan mengembangkan potensi kerajinan, meningkatkan kemampuan usaha pengrajin.

Menurutnya, dalam memperluas pangsa pasar, Kuningan terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak termasuk Badan Ekonomi Kreatif. Dekranasda.

Piahkanya sangat berharap menerima berbagai masukan, kritikan maupun saran dari berbagai pihak dalam peningkatan kualitas dan perluasan pangsa pasar produk khas Kuningan tersebut.

"Harus banyak pihak yang mengkritisi Dekranasda Kuningan, supaya dari kritikan itu kami akan menjadi lebih baik," kata Toto.

Ia juga menuturkan, dalam pengembangan ekonomi kreatif itu, Dekranasda Kuningan menekankan pada industri kreatif berbasis budaya. Dengan mengembangkan kemampuan SDM pengrajin melalui regenerasi pengrajin sekaligus meningkatkan desain produk kerajinan dan memfasilitasi pengembangan dan perluasan kerjasama pangsa pasar.

"Dekranasda terus mengembangkan, pembinaan dan promosi untuk ratusan produk kerajinan Kuningan, baik melalui website resmi ataupun dengan mengikuti pameran, sehingga kerajinan khas Kuningan dikenal lebih luas lagi hingga ke mancanegara,” terangnya. (ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Dekranasda Perluas Pangsa Pasar Kerajinan Kuningan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...