Coba Jegal Edo, Korbankan Toto

CIREBON – Inkonsistensi struktural DPD Partai Golkar Kota Cirebon dan kelima PK semakin nampak. Mereka semula ngotot meminta agar DPP Partai Golkar merekomendasikan Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Ir Toto Sunanto dan mencoba menjegal kandidat calon walikota/wakil walikota dari Partai Golkar, Effendi Edo SAP MSi untuk dapat rekomendasi, tapi dalam sekejap sikapnya berubah lagi.
struktural dpd golkar kota cirebon dituding inkonsisten
Lima Ketua PK Partai Golkar se-Kota Cirebon dukung Siswandi di Pilwalkot Cirebon. Foto: Ist./Rakyat Cirebon  
Kini, mereka masih berusaha menjegal langkah Edo untuk dapat rekomendasi dengan mengorbankan Toto. Betapa tidak, DPD Partai Golkar Kota Cirebon secara resmi menyatakan dukungan kepada bakal calon walikota, Brigjen (Pol) Drs Siswandi. Kelima PK Partai Golkar se-Kota Cirebon juga mengambil sikap yang sama.
“Partai Golkar, baik DPD maupun PK se-Kota Cirebon bersepakat mendukung Pak Siswandi untuk dicalonkan di Pemilihan Walikota Cirebon 2018,” ungkap Wakil Ketua Bidang Kominfo dan Opini Publik DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Iwan Yohana, saat ditemui di gedung DPRD, kemarin.
Menurut Iwan, langkah itu diambil tak lepas dari langkah politik Effendi Edo yang “berselingkuh” dengan parpol lain, yaitu Partai Persaturan Pembangunan (PPP). Edo telah ditetapkan sebagai kandidat tunggal dari parpol berlambang kakbah itu, pada Sabtu akhir pekan lalu.

“Secara prinsip, Partai Golkar harus mengambil sikap untuk pilwalkot. Terlebih dengan munculnya dukungan PPP ke Edo, clear sudah,” ujarnya.

Ia menambahkan, clear yang dimaksudnya ialah bahwa Edo kini bukan lagi berstatus sebagai bakal calon walikota/wakil walikota dari Partai Golkar, karena sudah ditetapkan oleh PPP. Terlebih, Edo hadir dalam Rapimcab DPC PPP Kota Cirebon dan tidak ada komunikasi sebelumnya dengan DPD Partai Golkar.

“Dengan sendirinya kalau sudah didukung PPP, maka sudah menggugurkan statusnya sebagai bakal calon dari Partai Golkar. Apalagi tidak ada komunikasi dengan DPD Partai Golkar ketika Pak Edo akan hadir di Rapimcab PPP,” tuturnya.

Mengenai dukungan untuk Siswandi, Iwan menyampaikan, salah satu pertimbangannya adalah mengenai kelayakan. Siswandi dianggap layak untuk dicalonkan, karena berpeluang besar untuk menang di Pilwalkot 2018. “Pertimbangannya layak dicalonkan. Karena pengalaman beliau, kedepan kalau dipilih akan lebih baik,” kata Iwan.

Meski demikian, Iwan menyatakan, pihaknya tidak akan abai terhadap kebijakan akhir dari DPP mengenai rekomendasi calon walikota dan wakil walikota. Apapun yang diputuskan oleh DPP, kata Iwan, pihaknya akan tetap taat dan melaksanakannya.

“Hasilnya seperti apa, apabila DPP punya pertimbangan tersendiri, kita akan hormati siapapun yang diusung DPP,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Lili Eliyah SH MM tak banyak bicara soal dukungan PPP untuk Edo. “Itu haknya dia (Edo, red) mau didukung siapa saja boleh,” singkat Lili.

Terpisah, sumber Rakcer di internal Partai Golkar menyebutkan, rekomendasi calon walikota/wakil walikota dari DPP kemungkinan besar akan diturunkan maksimal pada pertengahan November ini. “Sebelum 15 November kemungkinan sudah terbit rekom,” ucap sumber tersebut.

Sebelumnya, kepastian Edo menjadi kandidat tunggal parpol berlambang kakbah itu diketahui pada saat DPC PPP menggelar Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab), Sabtu akhir pekan kemarin, di Hotel Zamrud. Tidak ada kandidat lain yang diundang, karena Rapimcab itu memutuskan PPP akan mengusung Edo di pilwalkot.
Sekretaris DPW PPP Jawa Barat, Pepep Syaiful Hidayat mengatakan, dalam penjaringan bakal calon walikota/wakil walikota, PPP langsung mengarahkan bidikannya ke Edo. Rapimcab itu, kata Pepep, sebagai sarana penjaringan dan PPP hanya menjaring Edo.

“PPP dalam melakukan penjaringan untuk pilkada ini sifatnya lebih untuk mengundang Pak Edo, untuk memaparkan visi dan misi beliau sebagai kandidat bakal calon walikota/wakil walikota Cirebon,” ungkap Pepep. Edo sendiri di rapimcab itu diberi kesempatan memaparkan visi dan misinya. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Coba Jegal Edo, Korbankan Toto"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...