Bupati Tabur Bunga di Makam Pahlawan

KUNINGAN - Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Kuningan yang dipusatkan di halaman Setda, dipimpin Bupati Kuningan, H Acep Purnama, Jumat (10/11).  Hadir sejumlah pejabat lingkup Pemkab Kuningan, unsur forum pimpinan daerah dan lembaga instansi lainnya. 
bupati ziarah ke makam penjuang kuningan
Bupati Kuningan Acep Purnama ziarah ke makam penjuang. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon 
Setelah melakukan upacara, Acep melakukan tabur bunga bersama unsur forum koordinasi daerah serta sejumlah pejabat lainnya.

“Setiap warga bangsa menyadari bahwa semua mewarisi sebuah konsepsi, sebuah etos, sebuah niat dan tindak perilaku kepahlawanan yang tinggi dan luar biasa. Inilah saatnya kita menuntaskan perjuangan membangun sebuah bangsa yang merdeka, maju berdaulat dan terbuka,” kata Menteri Sosial RI dalam sambutan, yang dibacakan Bupati Kuningan H Acep Purnama, pada acara Peringatan Hari Pahlawan, di halaman Setda Kuningan.

Menurutnya, hanya dengan Revolusi mental yang positif, dan sadar riwayat kita sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat dan terbuka kita menyelami tantangan dan persoalan yang kita hadapi bersama dengan semangat persatuan menimbulkan optimisme dalam hidup, sebuah harapan yang membuka segenap potensi.

“Kita punya vitalitas dan daya hidup, sebuah harapan yang membuka segenap potensi, kita punya vitalitas dan aya hidup kemanusian yang akan membuka terang kehidupan di masa depan. Sebuah harapan bahwa dengan mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Indonesia, maka kita dapat membangun sebuah kehidupan bernegara, sebuah rumah tangga politik berkebangsaan dan kenegaraan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” terangnya.

Peringatan hari pahlawan, kata dia, harus mampu menggali upaya dengan meminjam ungkapan bung karno, bahwa semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme yang mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.

“Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri zaman ini, karena semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan petriotisme, yang lebih positif dan progresif tetapi memperbaiki keadaan negara untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini dengan menghadirkan kemandirian bangsa,” tambahnya di hadapan jajaran Muspida Pemkab Kuningan dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Kuningan yang turut hadir pada agenda tahunan tersebut.

Usai upacara peringatan hari Pahlawan, kemudian dilanjutkan ziarah ke komplek taman makam pahlawan Haurduni Kuningan, Acep bersama rombongan membaca doa juga melakukan tabur bunga di makam para pejuang Kuningan dalam mengusir para penjajah. (ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Bupati Tabur Bunga di Makam Pahlawan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...