Bupati: Dana Desa Jangan Dikelola Kontraktor

MAJALENGKA - Bupati Majalengka Dr H Sutrisno SE MSi kembali mengingatkan para kepala desa agar dana desa diswakelolakan, jangan diberikan kepada kontraktor. 
bupati majalengka minta dana desa diswakelolakan
Bupati Majalengka Sutrisno minta dana desa diswakelolakan. dok. Rakyat Cirebon
Pasalnya, kata Sutrisno, hal tersebut merupakan perintah langsung dari presiden RI. Tujuanya, agar dapat menghidupkan sinergitas dan perguliran uang di wilayah desanya masing-masing. 

Pihaknya meminta agar para kuwu lebih memperhatikan akses kemudahan dalam pelibatan masyarakat. 

"Anggaran dana desa itu ‎silakan digulirkan, tetapi harus swakelola. Jangan diberikan ke pihak ketiga atau kontraktor. Jika swakelola ini diterapkan maka ekonomi masyarakat juga akan hidup," jelas Sutrino di gedung Islamic Centre, Selasa (31/10).

Selain itu, kata dia, tingkat pengangguran di wilayah Desa juga akan terkurangi. Mengingat pelibatan masyarakat mencakup dan terkaper oleh anggaran yang ada di desa.

"Masyarakat nanti akan lebih hidup dari sisi ekonpmi. Karena yang menganggur dapat terakomodir. Yang jualan di wilayah Desa juga dapat laku terbeli oleh orang-orang sendiri di sekitar desanya masing-masing. Oleh karena itu, anggaran dana desa harus di-swakelola-kan," ungkapnya. 

Ia juga menyindir, anggaran dana desa yang diperuntukkan bagi pembangunan gapura dan kios-kios tidak produktif. Karena, menggunakan ADD untuk pembuatan gapura tidak ada nilai pemberdayaannya. Sementara untuk pembuatan kios, harus dilihat dulu dari sudut pandang pemasarannya. 

"ADD jangan dibuat untuk pembangunan gapura, itu gak ada manfaatnya. Kemudian, untuk pembuatan kios. Jangan asal, harus perhatikan juga sisi pemasarannya. Saya lihat ada beberapa desa yang membangun kios, sudah berdiri dibiarkan kosong, itu kan mubadzir," ujarnya. 

Ia berjanji, tidak akan bosan untuk mengingatkan para kades agar selalu mengedepankan asas transparansi. “Serta, agar ADD dapat digunakan dengan melibatkan masyarakat,” imbuhnya. (hrd)  

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Bupati: Dana Desa Jangan Dikelola Kontraktor"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...