Brigjen Siswandi Dikabarkan Bakal Diusung Koalisi Umat

CIREBON – Baru sehari dideklarasikan, kabar tak sedap mengemuka mengenai Koalisi Umat. Poros koalisi yang dibentuk PAN, PKS dan Partai Gerindra itu kabarnya disiapkan untuk kandidat bakal calon walikota/wakil walikota di luar ketiga parpol tersebut. Salah satu nama yang santer diperbincangkan adalah Brigjen Siswandi.
koalisi umat lirik siswandi di pilwalkot cirebon
Siswandi (pegang mikrofon) saat mengumpulkan PK Golkar Kota Cirebon. dok. Rakyat Cirebon
Berdasarkan informasi yang dihimpun, Siswandi dikabarkan sudah menjajaki kesepakatan dengan salah satu parpol komponen Koalisi Umat. Nantinya, nama Siswandi akan dimunculkan dalam forum penggodokan kandidat yang akan diusung. Munculnya nama Siswandi bukan tanpa alasan. Bacawalkot dari Partai Golkar itu disebut-sebut sebagai kekuatan besar yang bisa menyaingi petahana.
“Memang sudah ada partai yang bersepakat dengan Pak Siwandi. Partai itu sekarang ada di Koalisi Umat,” ucap sumber Rakcer di internal salah satu parpol komponen Koalisi Umat, kemarin.
Adapun kandidat dari Koalisi Umat sendiri diperkirakan hanya akan dipasang di posisi calon wakil walikota. Kabar itu semakin kuat dan diyakini kebenarannya setelah Siswandi sendiri menyatakan, dirinya sudah membangun komunikasi dengan hampir semua parpol. Komunikasi yang dibangun, tak tanggung-tanggung, dengan pengurus pusat.
Sementara itu, Ketua DPD PAN, Dani Mardani SH MH yang juga deklarator Koalisi Umat mengakui, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk mengusung figur di luar parpol elemen Koalisi Umat. “Sangat memungkinkan, sepanjang berdasarkan kesepakatan bersama,” ungkap Dani.
Ia menambahkan, di dalam Koalisi Umat tidak ada keharusan untuk mengusung kandidat yang memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas tinggi. Kesiapan kandidat juga akan menjadi pertimbangan. “Dalam menentukan siapa yang akan diusung, kita akan banyak pertimbangan. Selain survei, juga kesiapan,” ujarnya.
Sejalan dengan itu, kata Dani, di Koalisi Umat para komponennya akan mengedepankan musyawarah dengan kebersamaan. “Kita di koalisi ini tidak ada yang superior. Kesepahaman yang mutlak dalam koalisi ini dibangun dengan prinsip kesetaraan,” tuturnya.
Dani juga menjelaskan, setelah deklarasi Koalisi Umat di tingkat Kota Cirebon, pihaknya harus tetap berkoordinasi dengan DPW maupun DPP, terlebih dalam penentuan kandidat yang akan diusung. “Jadi belum bisa saya pastikan kapan rekomendasi terbit. Yang pasti, kita koalisi terbuka. Masih membuka peluang untuk partai lain bergabung,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPD PKS, H Karso mengatakan, pasangan calon walikota dan wakil walikota nantinya dari Koalisi Umat akan jadi alternatif utama di Pemilihan Walikota (Pilwalkot) 2018. PKS tidak akan mematok target untuk mengusung kadernya sendiri.

“Yang penting, kandidat dari Koalisi Umat berpeluang menang. Tidak mesti dari PKS. Walau misalnya saya tidak diusung Koalisi Umat, kita tetap siap. Kami bersepakat untuk menghadirkan pemimpin baru di Kota Cirebon yang lebih amanah, adil, serta mampu menyejahterakan masyarakatnya,” kata dia. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Brigjen Siswandi Dikabarkan Bakal Diusung Koalisi Umat"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus