Bismillah, PKS Tinggalkan KCM

HARJAMUKTI - Partai Keadilan Sosial (PKS) resmi keluar dari Koalisi Cirebon Maju (KCM). Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh ketua DPD PKS Kota Cirebon, H Karso usai melakukan pertemuan dengan Partai Gerindra serta PAN, Rabu (8/11) .
jelang pilwalkot cirebon pan pks gerindra bentuk koalisi umat
Elite PAN, PKS dan Gerindra bentuk Koalisi Umat. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
H Karso mengatakan, secara resmi pihaknya memang belum menyampaikan sikapnya tersebut kepada partai-partai di KCM, akan tetapi, dalam waktu dekat PKS akan menyampaikan salam perpisahan terhadap Partai Demokrat serta PKB yang akan mengusung petahana Nasrudin Azis dan calon wakilnya Dra Hj Eti Herawati.

"Saya akan tetap menyampaikan perpisahan kepada KCM, dan mulai hari ini, dengan mengucapkan Bismillah saya tegaskan PKS keluar dari KCM," tegas H Karso kepada Rakcer.

Mengenai komunikasi pihaknya dengan KCM saat ini, dituturkan Karso bahwa selama menjalin ikatan koalisi di KCM, komunikasi PKS cenderung  stagnan. Bahkan, bisa dikatakan PKS lebih intens menjaling komunikasi dengan partai-partai di luar KCM.

"Selama ini, komunikasi kami lebih intens dengan non KCM, komunikasi kami dengan KCM cenderung stagnan," lanjut dia.

Disoal penyebab hengkangnya PKS dari KCM, hampir sama dengan Partai Gerindra dan PAN, Karso mengatakan bahwa ada satu hal di internal KCM yang tidak bisa ditermia oleh PKS.

Yakni, inkonsistensi yang dilakukan oleh Partai Demokrat dengan mendeklarasikan pasangan petahana dengan ketua DPD Nasdem yang notabene merupakan partai diluar lingkaran KCM.

"Mungkin kalau ditanya sebab, sama dengan Gerindra dan PAN. Jadi, kami mengalami kejadian yang sama, dan itulah yang tidak bisa kami terima," ujarnya.

Pernyataan keluarnya PKS dari KCM tersebut berbarengan dengan terbentuknya koalisi baru, Koalisi Umat yang digawangi tiga partai eks KCM, dimana PKS termasuk dalam tiga partai tersebut.

H Karso menyampaikan, ada beberapa alasan ia angkat kaki dari KCM dan memilih untuk bergabung di Koalisi Umat. Selain inkonsistensi yang sudah terjadi di tubuh KCM yang tidak bisa diterima PKS, ditambahkan Karso beberapa pertimbangan lain juga menjadi alasan PKS bergabung di Koalisi Umat.

"Yang pertama kami memandang koalisi umat ini linier dengan pusat, sehingga itu membuat kami nyaman. Kedua adalah atas masukan dari masyarakat. Ketiga, aspirasi dari kader kami sendiri yang merasa nyaman dengan Kolisi Umat, karena sejatinya komunikasi kami sudah terjali sejak lama," kata Karso. (sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Bismillah, PKS Tinggalkan KCM "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...