Bila Oki-Edo, Hanya 3 Kandidat

MESKI koalisi di Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon 2018 sudah terpolarisasi menjadi empat poros, namun sangat memungkinkan hanya akan menjadi tiga poros. Itu artinya, pilwalkot berpeluang besar diikuti tiga kandidat calon walikota/wakil walikota.
pilwalkot cirebon diprediksi diikuti tiga kandidat
Sutan Aji Nugraha. dok. Rakyat Cirebon
Analisa itu disampaikan pemerhati politik Cirebon, Sutan Aji Nugraha, saat ditemui di kawasan Jalan Perjuangan, kemarin. Menurutnya, pilwalkot berpotensi diikuti oleh empat pasang kandidat. “Karena melihat polarisasi parpol-parpol yang membentuk empat poros,” ungkap Aji.
Tapi, ia menambahkan, tiga poros di luar petahana masih sangat dinamis. Karena seperti diketahui, petahana Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH sudah final akan berpasangan dengan Ketua DPD Partai Nasdem, Dra Hj Eti Herawati. Meskipun sudah terbentuk juga Koalisi Umat yang dinahkodai PAN, PKS dan Partai Gerindra.
“Artinya, pergerakan beberapa parpol sangat mungkin berubah. Misalnya kemungkinan masuknya parpol lain ke dalam Koalisi Umat. Kemudian kemungkinan PDIP mengusung satu paket atau berkoalisi dengan Partai Golkar, dan lain sebagainya,” tutur Aji.
Dia menilai, pilwalkot akan diramaikan oleh empat kandidat, bila Koalisi Umat bisa konsisten mengusung sepasang calon, Koalisi 432 yang digawangi Partai Golkar, Partai Hanura dan PPP juga mengusung sepasang calon, dan PDIP mengusung sepaket calon walikota/wakil walikota.
“Empat kandidat apabila keempat poros yang sudah terbentuk itu bisa konsisten. Termasuk keberanian PDIP mengusung satu paket pasangan calon, serta konsistensi Koalisi Umat dan Koalisi 432 mengsung masing-masing pasangan calon,” katanya.
Namun demikian, penulis buku Bunga Rampai Sang Ideolog itu menilai, pilwalkot bisa jadi hanya diikuti tiga kandidat. Hal itu terjadi apabila wacana yang sempat santer mengemuka, yaitu duet Bamunas S Boediman dan Effendi Edo terwujud. Itu artinya, PDIP berpeluang akan berkoalisi dengan Partai Golkar dan PPP.
“Dengan catatan, Oki (sapaan akrab Bamunas, red) direkomendasi PDIP berduet dengan Edo bila direkomendasi Partai Golkar dan PPP. Di Koalisi 432, persis tinggal Partai Hanura, kemana akan melangkah itu tergantung kebijakan partainya. Tapi bisa jadi masuk Koalisi Umat, karena kedekatan antar ketua parpol,” kata dia.
Sementara terpisah, Oki sendiri mengaku belum tahu soal kemungkinan dirinya direkomendasi dengan Edo ataupun Edi Suripno. Hanya saja, ia mengakui, beberapa hari lalu duduk bersama Edi di kegiatan reses Anggota Fraksi PDIP, Fitria Pamungkaswati sekaligus peresmian PAC PDIP Harjamukti. “Belum ada (rekomendasi),” kata Oki. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Bila Oki-Edo, Hanya 3 Kandidat"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...