Aplikasi Bantu Pencaker dapat Pekerjaan

KESAMBI -  Dinas  Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon bakal melincurkan aplikasi lowongan kerja (lowker) digital. Hal ini sebagai salahsatu solusi mengatasi makin sempitnya lapangan kerja.  
disnaker kota cirebon buat aplikasi lowongan kerja
Agus Sukmanjaya. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Kepala Disnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya menuturkan, aplikasi lowker nantinya akan menampilkan data pekerjaan. Mulai dari perusahaan, jenis lapangan kerja, kualifikasi hingga  pekerjaan yang diinginkan.

Hal ini berguna  bagi pencaker agar  lebih mudah dalam mencari pekerjaan.  Tak hanya itu, aplikasi lowker juga nantinya didesain dapat memuat data calon – calon pencari kerja yang terdaftar di Disnaker. Sehingga perusahaan – perusahaan  juga punya referensi ketika membutuhkan tenaga kerja.

“Itu yang akan kami sodorkan pada pengusaha. Sehingga mereka tidak bingung dalam mencari tenaga kerja. Mereka bisa berhubungan  dengan kami di sini, kami punya datanya. Mereka butuh, kami siapkan orang – orangnya,” ujar dia.

Agus melanjutkan, berdasarkan data base  peluang kerja dan pencakernya pada aplikasi tersebut juga berguna sebagai rujukan program  kerja yang bakal dilakukan Disnaker. Pasalnya, Agus menginginkan  pelatihan kerja yang dilakukan Disnaker juga searah dengan kebutuhan pasar.

“Kalau sudah terbangun komunikasi dengan  pengusaha, kita akan tahu kebutuhan mereka. Selanjutnya, akan diarahkan sesuai dengan permintaan pasar,” ujar dia.

Saat ini, kata dia, aplikasi lowker masih dalam tahap perancangan. Dengan sisa waktu yang ada, Agus  berharap program tersebut bakal mulai terealisasi di tahun depan. “Kami dalam tahap persiapan, 2017  rancang sistemnya, 2018 baru jalan,”  katanya.

Ditambahkan Agus,  aplikasi tersebut tak hanya berisi data base tentang kesempatan kerja. Secara bertahap, aplikasi lowker juga bakal dikembangkan. “Agar pencaker bisa mendaftar langsung  pekerjaan yang diinginkan melalui aplikasi,” imbuhnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Aplikasi Bantu Pencaker dapat Pekerjaan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...