Antisipasi Banjir, Komunitas MPLS dan Repikal Bersihkan Sungai

SURANENGGALA - Mengatisipasi banjir saat musim hujan, komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan Sungai (MPLS) dan Anak Remaja Pinggir Kali (Repikal), Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon menggelar bersih-bersih sungai Desa Muara, Jum'at (17/11).
sungai desa muara cirebon dipenuhi sampah
Warga bersihkan sungai di desa Muara Kabupaten Cirebon. Foto: Dandy/Rakyat Cirebon
Kegiatan pembersihan sungai di desa Muara itu juga diikuti puluhan warga setempat dan perangkat desa. Camat Suranenggala Indra Fitriyani mengatakan, kegiatan bersih-bersih yang di laksanakan komunitas MPLS dan komunitas Repikal ini merupakan kegiatan peduli lingkungan terutama sungai.

"Dengan membersihkan sungai ini kami berharap bisa menyelesaikan beberapa masalah terutama hal kebersihan sungai, apa lagi saat ini sudah memasuki musim penghujan jadi bisa mengatisipasi bencana banjir," kata Indra Fitriyani.

Dikatakan Indra Fitriyani, beberapa sungai di Kecamatan Suranenggala memang dalam kondisi memprihatinkan, banyaknya sampah yang memenuhi sungai sehingga saluran air tidak lancar dan menyebabkan bajir ketika musim penghujan seperti saat ini.

"Kegiatan bersih-bersih sungai tidak dilakukan hari ini saja, tetapi akan terus berlanjut sampai persoalan sungai selesai kususnya di Kecamatan Suranenggala, minggu depan juga kami ke Desa Purwawinangun dan beberapa desa lainya yang memiliki persoalan sungai," katanya.

Kata Indra Fitriyani dengan adanya kegiatan ini bisa menggugah masyarakat sekitar untuk ikut peduli terhadap kebersihan lingkungan sungai terutama dari sampah. Karena menjadikan sungai seperti pada fungsinya adalah hal penting yang harus diperjuangkan.

"Saya sebagai Camat juga sangat bangga terhadap semangat masyarakat Suranenggala yang peduli terhadap persoalan sungai, semoga ini bisa diikuti masyarakat lainya, sehingga tahun 2018 Suranenggala menjadi daerah yang ramah lingkungan,"katanya.

Sementara itu, salah satu anggota komunitas MPLS Tono juga mengatakan hal serupa, kegiatan bersih-bersih lingkungan sungai ini merupakan bentuk kepedulian komunitasnya, karena dia menilai sungai yang ada di Kabupaten Cirebon kususnya di kecamatan Suranenggala tidak difungsikan sebagaimana mestinya.

"Dengan bersih-bersih ini saya berharap kesadaran masyarakat membuang sampah di sungai bisa berkurang, sehingga sungai bisa bersih dari sampah," katanya Tono singkat. (dym)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Antisipasi Banjir, Komunitas MPLS dan Repikal Bersihkan Sungai"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus