Acep Masuk Nominasi Leadership Award Kemendagri

KUNINGAN - Leadership Award 2017 merupakan salah satu program prioritas nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri. Aspek penilaian Leadership Award meliputi kepemimpinan birokrasi dengan lima indikator penilaian, yakni kapabilitas, integritas, akseptabilitas, dan kompabilitas yang dimiliki oleh kepala daerah.
wabup kuningan dede sembada sambut tim balitbang kemendagri
Wabup Kuningan Dede Sembada (kedua kanan) sambut tim Balitbang Kemendagri. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Selain itu, aspek kepemimpinan sosial dengan enam indikator yang meliputi jujur dan transparan, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong dan santun.

Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada didampingi Sekda Yosep Setiawan, menerima kunjungan dari Tim Observasi Lapangan Program Prioritas Nasional Penilaian Kepemimpinan Kepala Daerah dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri RI di ruang rapat Linggarjati Setda Kuningan, Kamis (2/11).

Kegiatan dihadiri beberapa elemen diantaranya Kajari Kuningan Adhiyaksa, Kabag Sumda Kompol Wijaya, Pasi Intel Kodim 0615 Kuningan Kapten Esa, Anggota DPRD, Partai Politik, mewakili kepolisian, KADIN, FKUB, parpol, ormas, GOW, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Wartawan, dan perwakilan perguruan tinggi.

Wabup Dede Sembada menyambut hangat kedatangan tim tersebut dan memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan Kemendagri RI melalui Balitbang. Hal ini tentu akan menjadi pemacu dan semangat kinerja bagi seluruh kepala daerah serta memberikan dampak positif bagi kabupaten Kuningan.

"Kami sangat menyambut positif, dan responden harus mengisi secara objektif sesuai keadaan yang sebenarnya," katanya

Sementara itu, Tim Observasi Lapangan Program Prioritas Nasional Penilaian Kepemimpinan Kepala Daerah dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri RI Isman mengungkapkan, kehadiran timnya di Kuningan untuk menindaklanjuti surat dari Mendagri melalui Balibang yang akan menyelenggarakan kegiatan prioritas nasional tentang pemberian penghargaan kepemimpinan kepala daerah dalam memajukan daerahnya.

Berbeda dari pemberian penghargaan kepala daerah lainnya, Isman menjelaskan, program leadershif award ini dilaksanakan Pusat Litbang Otonomi Daerah Dalam Negeri yang tidak hanya menilai tetapi menerima masukan dari responden lain seperti DPRD, unsur Forkopimda, birokrat, partai politik dan tokoh masyarakat.

Ditambahkan Isman, Tim penilai akan melihat apakah gubernur, bupati maupun wali kota telah menjalankan visi/misinya misalnya aseptabilitas, kredibilitas, integritas, kapabilitas, rekam jejaknya, inovasi, kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik serta kajian kelitbangannya. 

Penilaian bisa juga dilihat dari regulasi dibuat dan dijalankan serta menjalin hubungan dengan DPRD, jajaran birokrat lainnya dan masyarakat. "Untuk hasilnya, diharapkan bulan Desember dapat diumumkan Mendagri," harap Isman.

Berdasarkan data yang diperoleh, Sebanyak 524 Pemimpin Daerah di Seluruh Indonesia, yang terdiri dari bupati, wali kota dan gubernur. Kemendagri sudah melakukan penilaian awal, kemudian terpilih beberapa nama yang menjadi nominator Leadership Award 2017. Mereka terdiri atas lima Gubernur, 14 Wali Kota dan 24 Bupati, termasuk Bupati Kuningan H Acep Purnama. (ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Acep Masuk Nominasi Leadership Award Kemendagri"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus