6 Kerja di Tahun Politik

Oleh: IING CASDIRIN

MENJADIKAN bacaan referensi di dunia politik, itulah yang terus dilakukan koran politik Rakyat Cirebon, yang tepat hari ini (11/11-2017) berusia 6 tahun. 
rakyat cirebon bacaan referensi dunia politik

Apalagi, pada ulang tahunnya kali ini bertepatan dengan tahun politik. Hampir dimana-mana, di dunia nyata dan maya, banyak orang sibuk membahas soal politik. Isu terkini dan intrik politik memang merangsang setiap orang ingin membicarakannya.

Ikhtiar menjadikan koran politik ini sebagai referensi politik bukanlah hal mudah. Paling tidak ada 6 catatan yang tidak boleh diabaikan. Pertama; informasinya harus up to date dan akurat di tengah bersliwerannya isu-isu politik di tengah masyarakat. Ada isu yang masuk akal. Ada juga yang tidak masuk akal, tapi lama-lama masuk akal dan malah menjadi kenyataan.  

Kedua; informasi yang berbeda dan terbaru tidak datang dari narasumber yang menggelar jumpa pers atau ramainya wawancara, tapi datang dari kesunyian, keluar dari sela-sela ruang privat di segala tempat. Duuh, jadi mikir nih… Singkatnya, tanpa keakraban politisi dengan wartawan, tidak akan ada informasi rahasia yang akhirnya dibocorkan.

Ketiga; di tengah bekerja dalam ramainya isu, dan selalu berubah-ubah, media massa harus tetap bekerja pada jalur yang benar. Etika jurnalistik harus tetap dipegang teguh. Cover both side (berimbang) tetap tidak boleh dilupakan. Rekaman statement narasumber tetap didokumentasikan. Ini politik Bung! Apapun bisa berubah. Kawan bisa jadi lawan, lawan bisa jadi kawan. Hanya segelintir orang yang mampu memegang prinsip dalam dunia bernama "Politik".

Keempat; di tahun politik, koran politik bisa berfungsi menjadi seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), sekaligus sebagai Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). KPU, Panwaslu dan media massa mempunyai ketersinggungan dan keterkaitan sangat erat dalam mengawal hajatan demokrasi. Apa yang diharapkan oleh KPU, dan apa yang akan disampaikan oleh Panwaslu, ada media massa yang bisa meneruskannya kepada khalayak ramai. 

Kelima; di zaman now, bukan hanya pilkada yang diawasi oleh media. Tapi medianya juga diawasi oleh massa. Untuk itu sebuah keharusan bagi media harus tetap profesional, mengacu pada kode etik jurnalistik, netral, independen, memberikan porsi, dan kesempatan sama kepada kontestan.  Kode etik pers menjadi rel bagi media untuk tetap dapat bersikap independen. 

Keenam;  yang tak kalah penting di tahun politik, Rakyat Cirebon harus selalu memberikan pendidikan politik. Masyarakat diberikan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawabnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Lebih khusus lagi ikut mendorong masyarakat terlibat aktif dalam penyelenggaraan dan pengawasan pilkada. Selamat datang tahun politik, selamat ulang tahun Rakyat Cirebon. (*) Penulis adalah Pemred Rakyat Cirebon

Dapatkan berita terkini:

0 Response to " 6 Kerja di Tahun Politik"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...