Tarif KA Rute Cirebon Tidak Ikut Naik

CIREBON –   Rencana kenaikan harga tiket Kereta Api (KA) ekonomi jarak sedang dan jauh bersubsidi, mulai keberangkatan per 1 Januari 2018 yang berdasarkan  Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub)  RI nomor 42 tahun 2017 dibatal PT KAI.
pt kai tetap jual tiket public service obligation
PT KAI jumpa pers terkait pembatalan tarif. Foto: Ist./Rakyat Cirebon
Hal itu disampaikan, Manager Humas PT KAI Daop III, Krisbiyantoro.  Dia menjelaskan,  tarif beberapa KA ekonomi jarak sedang dan jauh bersubsidi yang semula direncanakan dilakukan penyesuaian tarif ditunda sementara.

“PT KAI memutuskan untuk tetap menjual tiket PSO (public service obligation, red)  dengan tarif yang angkanya sesuai dengan Permenhub  RI nomor 35 tahun 2016 tentang tarif angkutan orang dengan kereta api pelayanan kelas ekonomi untuk melaksanakan kewajiban pelayanan publik,” ungkapnya.  

Pria yang akrab disapa Kris ini menuturkan, PT KAI  akan menanggung selisih atas pemberlakuan tarif sesuai Perhubungan RI nomor 35 tahun 2016 dengan tarif Peraturan Menteri Perhubungan RI nomor 42 tahun 2017. 

Ia menjelaskan, terdapat 20 rute perjalanan KA yang semula direncanakan dilakukan penyesuaian tarif keberangkatan mulai 1 Januari 2018 yang mengalami pembatalan penyesuaian tarif tersebut. Misalnya, KA Logawa yang  menempuh Purwokerto-Surabaya-Gubeng-Jember tetap dipatok Rp74 ribu berdasarkan Perhubungan RI nomor 35 tahun 2016.

“Sedangkan beradasarkan  Permenhub  RI nomor 42 tahun 2017, tiket KA yang dengan rute yang sama dijual Rp80 ribu,” sambungnya.

Pemesanan tiket  KA PSO keberangkatan mulai 1 Januari 2018 mendatang dapat dilakukan pada 2 November 2017 untuk keberangkatan 1 Januari 2018 (H-60) di seluruh kanal resmi penjualan tiket KA.

Kris menambahkan, dari 20 rute  KA yang mengalami perubahan tarif, tidak ada KA yang menempuh rute dari dan menuju Cirebon. “KA  produk Cirebon tidak ada. Karena itu KA jarak jauh dan menengah,” tutupnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Tarif KA Rute Cirebon Tidak Ikut Naik"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus