Suyogo Ingatkan Ketua PCNU Tak Berpolitik

CIREBON – Terbitnya surat rekomendasi oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Cirebon untuk mendukung bakal calon walikota dari PDIP, H Bamunas S Boediman dan mengusulkan Ketua PCNU, Yusuf SE MM sebagai calon wakil walikotanya, membuat panas hubungan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
hubungan pkb dan nu memanas jelang pilwalkot cirebon
Ketua PCNU Kota Cirebon Yusuf. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon 
Meski NU dan PKB memiliki spirit pergerakan yang sama, tapi sikap politik mereka berbeda tajam menjelang Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon 2018 mendatang. Pasalnya, PKB jelas dan komitmen mendukung petahana Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH untuk diusung di Pilwalkot 2018.
Atas terbitnya surat rekomendasi dukungan untuk Bamunas dari PCNU, Ketua DPC PKB Kota Cirebon, Suyogo menyayangkan. Mestinya, PCNU sebagai organisasi massa islam mampu bersikap bijak dan netral dalam kontestasi politik sejenis pilwalkot.

“Sangat tidak tepat dan kurang baik bila NU diseret ke urusan politik praktis. Saya sangat menyayangkan,” ungkap Suyogo, saat ditemui di gedung DPRD Kota Cirebon, kemarin.

Menurut anggota Fraksi Bangkit Persatuan DPRD itu, NU seharusnya bisa berdiri di semua golongan komponen masyarakat. Bukan malah menciptakan arus dukungan ke salah satu kepentingan politik, yang akhirnya melahirkan perbedaan pandangan.

“Idealnya kalau NU itu mengurus umat. Jangan berpolitik praktis. Kalau sikap politik secara pribadi boleh, tapi jangan bawa-bawa PCNU ke urusan politik,” katanya.

Pria yang juga ketua Badan Otonom NU, Pagar Nusa Kota Cirebon itu juga menyampaikan, pihaknya sudah kroscek ke beberapa pengurus PCNU Kota Cirebon mengenai surat rekomendasi yang diklaim diterbitkan berdasarkan rapat pleno.

“Tadi malam (Selasa malam, red) ada pertemuan beberapa pengurus PCNU. Karena katanya itu (rekomendasi, red) bukan hasil rapat pleno. Saya juga sering mengingatkan, ketua PCNU jangan berpolitik praktis,” katanya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Cirebon, Yusuf SE MM saat dikonfirmasi, mengakui menerbitkan surat rekomendasi tersebut. Ia menilai, Bamunas adalah sosok yang pas untuk memimpin Kota Cirebon. “Pertimbangannya, persoalan dari segi figur untuk Cirebon yang pas,” katanya.

Yusuf menambahkan, mengenai usulan dirinya menjadi calon wakil walikota mendampingi Bamunas, hal itu berdasarkan rapat terbatas beberapa pengurus PCNU. “Awalnya rapat terbatas itu tuh. Kemudian ada beberapa orang, belum lengkap waktu itu,” kata dia.

Rencananya, Yusuf akan kembali menggelar rapat bersama pengurus PCNU, termasuk musytasar yang beranggotakan beberapa orang pada akhir pekan ini. Tujuannya, untuk menjelaskan soal surat rekomendasi tersebut, kemudian membahas bersama kelanjutannya.

“Nanti kalau tidak Sabtu ya Minggu kita akan rapat lagi, untuk menjelaskan semuanya. Kita akan undang semua pengurus PCNU, termasuk mustasyar,” kata Yusuf. Diakuinya pula, baik Bamunas maupun Azis adalah dua dari enam orang musytasar PCNU Kota Cirebon.

Untuk diketahui, surat rekomendasi dengan Nomor 027/PC-NU/D-8/IX/2017 tertanggal 28 September 2017 yang diterbitkan PCNU Kota Cirebon ditandatangani Rais Syuriah DR KH Samsudin MAg, Katib Syuriah KH Mustofa Rajid MPdI, Ketua Tanfidiyah Yusuf SE MM dan Wakil Sekretaris Dedi Fachrudin.

Melalui surat itu, PCNU menyampaikan tiga rekomendasi hasil rapat pleno dengan agenda tunggal dalam rangka suksesi pemilihan kepala daerah/walikota dan wakil walikota Cirebon 2018.

Pertama, bahwa semua peserta rapat sepakat memutuskan dan menetapkan serta merekomendasikan H Bamunas S Boediman MBA, musytasar PCNU Kota Cirebon dicalonkan sebagai calon walikota Cirebon periode 2018-2023 pada pilkada dan dinyatakan satu-satunya calon dari Nahdatul Ulama.

Kedua, bahwa semua peserta rapat sepakat menentukan pasangan calon walikota H Bamunas S Boediman, musytasar PCNU Kota Cirebon. 

Ketiga, bahwa semua peserta rapat pleno sepakat menyetujui untuk memperjuangkan dan menyukseskan pasangan calon walikota H Bamunas S Boediman MBA yang diusung oleh PDI Perjuangan dan menyetujui calon wakil walikotanya Yusuf SE MM, ketua PCNU Kota Cirebon. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Suyogo Ingatkan Ketua PCNU Tak Berpolitik"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...