RSU Gunung Jati Segera Layani Kemoterapi

KESAMBI - Rumah Sakit Umum (RSU) Gunung Jati menjadi fasilitas kesehatan kebanggaan warga Kota Cirebon. Pasalnya, RSU Gunung Jati menjadi salah satu rumah sakit yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Gubernur Jawa Barat, menjadi rumah sakit rujukan di tingkat regional.
rsu gunungjati cirebon jadi rumah sakit rujukan
Dodo Suhendar. Foto: Asep/Rakyat Cirebon 
Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr H Dodo Suhendar, MM saat diwawancarai wartawan koran ini usai menghadiri salahsatu agenda di Kota Cirebon, Kamis (26/10) kemarin. 

"Saat ini RSU Gunung Jati sudah menjadi kebanggaan, pelayanannya dapat mewakili Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, sebagai pusat rujukan nasional di Provinsi Jawa Barat," ungkap Dodo kepada rakcer. 

Dodo menuturkan bahwa sebelum RSU Gunung Jati ditetapkan sebagai rujukan regional, masyarakat di wilayah Ciayumajakuning harus selalu merujuk ke RS Hasan Sadikin di Bandung, namun saat ini, pemprov terus memberikan perhatian lebih kepada RSU Gunung Jati sehingga benar-benar bisa mewakili RS Hasan Sadikin di wilayah III. 

"Penetapan ini tentu membantu dan memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah III," lanjut dia. 

Lebih lanjut, Dodo menjelaskan bahwa rujukan regional sebagaimana yang ditetapkan kepada RSU Gunung Jati adalah rujukan untuk pasien dengan penyakit-penyakit yang tidak menular dan penyakit yang menjadi penyebab kematian utama, seperti kanker, jantung, komplikasi diabetes militus, dan ginjal.

"Saat ini yang sedang dikembangkan dan memang diutamakan adalah penyakit yang bisa menyebabkan kematian, seperti jantung dan kanker, yakni dengan kemoterapi," jelas dia. 

Ditambahkan Dodo, selama dalam masa pengembangan, semua rumah sakit regional di Jawa Barat termasuk RS Gunung Jati akan diberikan bantuan untuk kelengkapan fasilitas pelayanan, dan untuk diketahui, di Jawa Barat ada 7 Rumah Sakit rujukan yang telah ditetapkan dan saat ini semua sedang dalam masa pengembangan. 

"Pemprov juga memberi bantuan untuk pembangunan fisik, seperti ruang ICU, dan UGD. Tentunya 7 rumah sakit rujukan di Jabar ini menjadi prioritas bagi Pemprov Jawa Barat di sektor kesehatan," tambah Dodo. (sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "RSU Gunung Jati Segera Layani Kemoterapi"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...