Rakyat Cirebon MoU dengan KPU, Genjot Partisipasi Pemilih

HARIAN umum Rakyat Cirebon (Radar Cirebon Grup) sebagai satu-satunya koran ber-genre politik di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) menunjukkan komitmennya untuk mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 mendatang.
kpu cirebon ajak media rakyat cirebon bekerjasama
KPU Kabupaten Cirebon ajak media Cirebon bekerjasama sukseskan pemilu. Foto: Ari/Rakyat Cirebon
Di Kota Cirebon, Rakyat Cirebon telah menjajaki kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon untuk mengawal pelaksanaan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon 2018. Sebagai koran politik yang paling sering menjadi referensi para politisi maupun masyarakat umum, Rakyat Cirebon akan membantu KPU untuk melakukan sosialisasi semua tahapan Pilwalkot 2018.
Kesepakatan kerjasama antara Rakyat Cirebon dan KPU Kota Cirebon ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh GM Rakyat Cirebon, Sugianto dan Sekretaris KPU, Asep Gandana, Senin (9/10), di kantor KPU Kota Cirebon.
Alhamdulillah kami bersyukur dan berbangga, Rakyat Cirebon bisa membangun kerjasama dengan KPU berkaitan dengan pelaksanaan Pilwalkot Cirebon 2018,” ungkap Sugianto, usai penandatanganan MoU.
Dia menambahkan, sebagai media massa yang kontennya sebagian besar berita politik, Rakyat Cirebon berkomitmen membantu KPU untuk mewujudkan pilwalkot yang berkualitas dan berintegritas. Salah satu kuncinya adalah masifnya sosialisasi. Untuk itu, Rakyat Cirebon akan menjadi bagian yang ikut menyosialisasikan seputar pilwalkot.
“Kami mendukung untuk terlaksananya pilwalkot yang berkualitas dan berintegritas. Semangat kami sama, yaitu bagaimana tingkat partisipasi masyarakat di pilwalkot tinggi. Makanya informasi seputar pilwalkot, hampir tiap hari kami sajikan,” tuturnya.
Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani SE Ak menyambut baik penandatanganan MoU antara pihaknya dengan Rakyat Cirebon. Menurutnya, media massa sebagai salah satu pilar demokrasi, sangat penting perannya dalam menyukseskan pesta demokrasi. 

“Kami dengan Rakyat Cirebon bersinergi untuk melaksanakan pilwalkot sesuai harapan masyarakat,” katanya. 

Sementara itu, KPU Kabupaten Cirebon juga melakukan MoU dengan semua media, Senin (9/10). Sebab media memiliki peranan penting untuk mensosialisasikan setiap hal yang berkaitan dengan KPU. Juga dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat di Pilkada 2018 mendatang. 

Pada kesempatan tersebut, Rakyat Cirebon diwakili oleh General Manager, Sugianto menandatangani  MoU yang telah disiapkan oleh KPU. 

Usai penandatanganan, Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Husnul Khotimah SFil mengatakan, kerja sama antar media ini diharapkan bisa memberikan edukasi politik kepada masyarakat secara luas mengingat penyelenggaraan pilkada tinggal menghitung bulan. 

"Antara KPU dan media perlu bersinergi, dan bentuk sinergitas inilah kita tuangkan dalam MoU,” kata Husnul pada Rakcer.

Dikatakan, bukan saja KPU tapi media juga mempunyai tanggungjawab dalam pendidikan pemilu. Oleh karena itu minimalnya bisa saling menginformasikan kaitan dengan pemilu. 

“Apalagi tanggal 12 Oktober ini sudah masuk tahapan pilkada. Diharapkan media juga bisa menginformasikan,” sambungnya. 

Husnul meminta, media ikut mengawal proses pemilu nanti sehingga bisa berjalan dengan baik dan sesuai koridor hukum yang ada. Serta dapat diterima oleh masyarakat karena memiliki legitimasi dari sebagian besar masyarakat Kabupaten Cirebon. 

"Tujuannya MoU ini ya itu mengajak media untuk ikut mensosialisasikan,” tambahnya. Diakui betul KPU, bahwa untuk meningkatkan Parmas juga memerlukan peranan media sebagai penyambung informasi. 

GM Rakyat Cirebon, Sugianto merespon positif upaya yang dilakukan KPU dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat. 

“Sukses tidaknya pemilihan dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat. Oleh karena itu langkah KPU sudah tepat, mudah-mudahan kerjasama ini bisa mendongkrak partisipasi masyarakat di Pilkada 2018. Yang tak kalah penting, media bisa memberikan informasi seputar pemilu yang sebenar-benarnya,” kata Sugianto. (jri/ari)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Rakyat Cirebon MoU dengan KPU, Genjot Partisipasi Pemilih"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus