Puncak Festival Dihadiri 12 Duta Besar dan Tiga Konsulat

INDRAMAYU - Puncak festival perayaan Hari Jadi ke-490 Kabupaten Indramayu, Minggu (8/10), dihadiri 12 duta besar dan 3 konsulat kedutaan besar negara dari sejumlah benua. Para perwakilan negara-negara itu menyaksikan rangkaian festival dan mengunjungi beberapa lokasi penting di Kabupaten Indramayu.
perayaan harjad indramayu meriah
Puncak perayaan harjad indramayu meriah. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Ketua Panitia Hari Jadi ke-490 Kabupaten Indramayu, H Tatang Sutardi SSos MSi mengatakan, pada perayaan hari jadi tahun 2017 memang ada yang berbeda, yakni kehadiran para duta besar yang sengaja diundang untuk melihat potensi di Bumi Wiralodra. 

Sesuai data penjemputan pada Sabtu (7/10) lalu di Stasiun Jatibarang, hadir Duta Besar Rusia, Bosnia Herzegovina, Ekuador, Slovakia, Libya, Irak, Serbia, Cuba, Tunisia, dan China beserta wakilnya. Sedangkan kedutaan yang mengutus wakil duta besarnya saja, yakni USA, Argentina, dan Turki. "Ada investor dari Canada yang hadir‎," sebutnya.

Para pejabat dari belasan negara itu menyaksikan rangkaian karnaval yang bertajuk Festival Tjimanoek 2017. Bahkan melakukan kunjungan ke beberapa tempat penting, diantaranya Sanggar Mulya Bakti, hutan mangrove, Rumah Berdikari, sentra pembuatan kapal/perahu nelayan, sentra batik Paoman, dan sentra gedong gincu. 

"Kami jadikan momentum ini untuk mengenalkan seni dan budaya Indramayu. Juga kami ajak untuk melihat potensi-potensi yang ada di daerah kita ini. Lebih mempromosikan," ucapnya.

Sementara itu, dalam karnaval yang berlangsung semarak dan meriah itu, sebanyak 16 kesenian dan budaya lokal Indramayu turut dipertontonkan. Antusiasme masyarakat tampak dari kepadatan di sisi kanan dan kiri jalan mulai dari GOR Dharma Ayu, Jalan DI Panjaitan, Jalan Jenderal Sudirman, Bundaran Adipura, Jalan RA Kartini, Jalan S Parman, hingga finis di Alun-alun Indramayu.

Dalam barisan karnaval itu, kontingen kesenian dari luar daerah, bahkan provinsi lain mampu menyita perhatian para pengunjung.‎ Kontingen daerah lain datang dari Kabupaten/Kota Garut, Purwakarta, dan Cirebon. Sedangkan kontingen dari provinsi lain ada dari Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, dan Papua.

"Dari seluruh rangkaian kegiatan hari jadi ini kami berharap mampu melestarikan seni dan budaya yang menjadi kearifan lokal. Dan berbagai potensi, termasuk pariwisata dapat menjadi pilihan destinasi wisata dan dikunjungi wisatawan lokal, regional, nasional, maupun para turis asing. Perekonomian masyarakat akan bisa terdongkrak," tandas dia. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Puncak Festival Dihadiri 12 Duta Besar dan Tiga Konsulat"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus