Proyek Properti Makin Menjamur

MAJALENGKA – Bisnis perumahan di Majalengka dalam setahun terakhir ini makin menjamur. Hal itu, disinyalir salah satu efek menjelang dioperasikannya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di kecamatan Kertajati.
bisnis perumahan di majalengka makin bergairah
Komplek perumahan di Majalengka. dok. Rakyat Cirebon
Dengan adanya kondisi tersebut,  para petugas juga mulai memberikan perhatian penuh terhadap segi keamanan maupun dampak dari pembangunannya. 

Seperti yang diungkapkan Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Iwan Setiawan SH yang menjelaskan, petugas akan terus melakukan pengawasan terhadap perumahan yang akan dibangun maupun yang sudah dibangun.

"Beberapa sektor yang akan diawasi nantinya, itu diantaranya tentang pengelolaan akses jalan, keamanan dan lingkungan masyarakat, dengan tujuan dilakukannya tindakan ini, agar dalam pembangunan berjalan kondusif dan tidak ada gangguan," ungkapnya.

Terlebih dirinya juga menjelaskan, ada hal yang harus dibangun dalam lingkungan perumahan. Yakni harus ada pelambatan lalu lintas atau traffic calming. 

Hal itu merupakan upaya yang dilakukan untuk memperlambat lalu lintas dalam rangka meningkatkan keselamatan pejalan kaki, pesepeda, pebelanja, dan penduduk serta mengurangi kebisingan dan pencemaran udara.

"Perlambatan lalu lintas biasanya diterapkan di daerah perumahan, pusat perbelanjaan, dan jalan lingkungan," jelasnya Kamis (5/10).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Yusanto Wibowo SIP MP mengungkapkan, tujuan lainnya dilakukan koordinasi antara Dishub dengan Satlantas Polres Majalengka ialah untuk memberikan prioritas yang jelas kepada angkutan umum yang dilengkapi dengan fasilitas perhentian yang nyaman. 

Mengurangi konflik antara kendaraan bermotor dengan kendaraan lainnya termasuk dengan kendaraan tidak bermotor.

Selain itu, kata dia, juga untuk menurunkan kecepatan kendaraan dengan menggunakan rambu ataupun secara fisik, membatasi akses jalan ataupun akses bagi kendaraan tertentu. 

"Jadi, pada dasarnya tujuan inti dari musyawarah ini ialah untuk memberikan ketertiban, dan kemanan bagi masyarakat,” ujarnya.(hsn)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Proyek Properti Makin Menjamur"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...