Pro Petahana Hadiri Pertemuan dengan Sunjaya, PAC PDIP Terbelah Dua Kubu

SUMBER – Perpecahan ditubuh internal partai penguasa PDI Perjuangan memang telah dibantah oleh pengurus DPC, namun hingga kini saling serang terus dilancarkan, terutama para PAC kini terbelah kedalam dua kubu. 
pac pdip pro petahana hadiri undangan sunjaya
Sejumlah PAC PDIP Kabupaten Cirebon hadiri undangan Sunjaya. Foto: Yoga/Rakyat Cirebon
Kubu pertama Pro kandidat cabup petahana Sunjaya Purwadisastra yang memilih memenuhi undangan pertemuan di salah satu RM di Kecamatan Beber dan kubu yang menolak rekomendasi partai untuk Sunjaya dan absen dalam acara tersebut.

Salah satu yang memilih absen yakni Ketua PAC Kecamatan Astanajapura Sodly. Ia memastikan, yang menghadiri undangan calon petahana hanya beberapa PAC saja.

"Dari wilayah timur itu yang hadir hanya 3 PAC, yakni Kecamatan Karangwareng, Beber dan Lemahabang. Sisanya tidak datang," kata Sodly pada Rakcer, Minggu (1/10).

Jika petahana mengklaim ada sebanyak 30 PAC yang mendukungnya, bisa dipastikan itu tidak benar. Sebab PAC wilayah barat, tengah, dan timur kebanyakan tidak hadir. 

"Bohong itu kalau bilang mendapat dukungan 30 PAC. Yang datang saja tidak jelas siapa saja. Kabarnya malah banyak orang baru," kata dia.

Hal senada disampaikan Ketua PAC Kecamatan Ciledug, Mulyadi. Menurutnya, sudah sepantasnya PAC memilih tidak menghadiri acara tersebut. Pasalnya tidak sesuai dengan mekanisme partai. 

"Kalau mau mengundang PAC harusnya izin dulu ke DPC. Jangan seenaknya saja, tempuh mekanismenya," kata Mulyadi.

Disaat yang sama, Mulyadi bersama dengan puluhan PAC lainnya berkumpul di wilayah timur. Hal itu untuk memastikan bahwa yang hadir hanya segelintir orang. 

"Silahkan klaim dapat dukungan 30 orang PAC. Kami punya buktinya bahwa hanya sesikit PAC yang hadir," tegasnya. 

Dihubungi secara terpisah, Ketua PAC Kecamatan Suranenggala, Jaelani mengatakan, dari 40 PAC yang tidak diundang sebanyak 14 PAC.  

"Yang beberapa waktu muncul di media cetak tidak diundang. Tapi saya dapat info yang datang ke acara juga kebanyakan perwakilan. Gak tau sekretaris atau apa tapi keliatanny asal comot saja," kata dia.

Ditambahkan, jika mengacu pada surat pernyataan penolakan ada sebanyak 36 PAC yang kontra petahana.  "Ya mungkin petahana kebakaran jenggot. Jadi dipanggilin lagi, dengan alasan rapat tiga bulanan. Intinya kami tetap menolak," tegasnya.

Mewakili yang hadiri undangan, Ketua PAC Karangwareng, Sudrajat menegaskan dinamika yang terjadi di internal partai sebaiknya tidak di ekspose keluar partai.

Dikatakan Sudrajat, banyak orang yang belum memahami mekanisme pemberian rekomendasi di PDIP. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada semua pihak untuk paham terlebih dahulu sebelum mengeluarkan pernyataan.

“Ada satu hal yang belum diketahui dan tidak semua orang mengerti masalah rekomendasi ini. Sesuai kebiasaan, incumbent itu tidak pernah dibuang. Begitu juga di Kabupaten Cirebon,” tegas Sudrajat.

Dirinya lantas bercerita, sempat ada calon petahana yang tidak mendapatkan rekomendasi PDIP. Namun, dirinya mengatakan terdapat satu permasalahan yang membuat calon tersebut tidak direkomendasi.

“Di jawa Tengah kalau tidak salah pak Bibit Waluyo. Beliau petahana tetapi tidak di rekomendasi kembali karena memang yang bersangkutan loncat ke partai lain. Ibu Ketua Umum juga sempat berbicara di rakornas, incumbent tidak mungkin tidak diprioritaskan,” tambahnya.

Di kabupaten Cirebon sendiri, Sudrajat mengatakan petahana tidak pernah mengklaim telah mendapatkan rekomendasi walaupun secara lisan sudah diperintahkan untuk mencari sosok calon wakil bupati dan konsolidasi ke partai pendukung.

“Tidak ada satu kaderpun yang akan berani mendahului sebelum adanya keputusan resmi dari partai. Walaupun secara eksplisit sudah pasti, tetapi calon petahana ini belum pernah saya dengar mengklaim. Malah, beliau membiarkan dinamika bergulir karena memang belum ada keputusan partai yang resmi,” terangnya.

Diakhir, Sudrajat berharap semua pihak baik internal PDIP maupun pihak luar bisa sama-sama menjaga kondusifitas khususnya keutuhan partai. 

“Saya harap semuanya menahan diri dan menunggu keputusan partai seperti apa. Saya yakin, PDIP tetap solid dan akan memenangkan siapapun calonnya yanjg akan direkomendasikan nanti,” tandasnya. (ari/yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Pro Petahana Hadiri Pertemuan dengan Sunjaya, PAC PDIP Terbelah Dua Kubu"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...