Polres Lakukan Tiga Tahap Amankan Pilwu Serentak

CIREBON - Tak ingin ada konflik yang terjadi saat Pemilihan Kuwu Serentak di Kabupaten Cirebon 29 Oktober mendatang, Polres Cirebon berinisiatif untuk melakukan monitoring dan memberikan imbauan kepada calon kuwu untuk bersama-sama menjunjung rasa menghargai. 
kapolres cirebon tinjau pilwu serentak
Kapolres Cirebon AKBP H Risto Samodra. Foto: Yoga/Rakyat Cirebon 
Terlihat, Selasa (24/10) saat Kapolres Cirebon, AKBP H Risto Samodra SSos SIK SH MH mengunjungi Desa Kondangsari, Kecamatan Beber,Kabupatwn Cirbon.

Seperti diketahui, Kabupaten Cirebon pada tahun 2017 ini akan melaksanakan pilwu serentak di 101desa. Adapun saat ini, telah memasuki tahapan kampanye sehingga gesekan mungkin terjadi.

Dijelaskan Kapolres Risto, pihaknya sengaja melakukan monitoring guna mencegah terjadinya konflik masing-masing pendukung calon. 

"Kita tadi mengontrol tahapan pilkades (pilwu, red) di Kabupaten Cirebon, hari ini keliling di dua kecamatan, yakni Kecamatan Beber dan Talun. Kita ingin memastikan agar semua berjalan lancar," kata Risto usai menyambangi salah satu calon kuwu di desa tersebut.

Kapolres meminta agar semua calon, timses, dan para pendukung lainnya untuk tetap turut aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat pelaksanaan pilakdes nanti. Tak hanya itu, sambung Risto, ia meminta agar masyarakat benar-benar menggunakan hak pilihnya untuk menyukseskan pilakdes serentak di Kabupaten Cirebon.

"Menang dan kalah itu nomor dua, utamanya masyarakat sadar untuk menggunakan hak pilihnya. Dan, siapapun yang menang tetap harus didukung untuk membangun desa," ucapnya. 

Dikatakan Risto, sejauh ini situasi pada masa kampanye pilkades serentak terbilang kondusif. Agar tetap berjalan kondusif dalam masa kampanye, Risto meminta agar masyarakat tetap mengedepankan etika pada saat pawai. 

"Saya mengimbau agar hati-hati kalau kampanye menggunakan bak terbuka. Karena mobil bak terbuka itu kan bukan diperuntukkan untuk manusia, tetap jaga keselamatan," ucapnya.

Lebih jauh ia menyebutkan pengamanan dalam pelaksanaan pilkades serentak dibagi menjadi tiga tahapan. 

Di tahap awal, pihaknya menerjunkan 430 personel, kemudian di tahap pemungutan dan perhitungan suara nanti pihaknya akan menerjunkan 1480 personel, termasuk dari Sat Brimob dan Sat Polair. 

Dan, sambungnya, di tahap terakhir, yakni pelantikan kades terpilih pihaknya akan menerjunkan 430 personel. 

"Kita juga melakukan monitoring secara rutin dan personel ditempatkan di balai desa dan menempatkan satu personel di masing-masing calon. Ini agar tidak terjadi konflik, pilkades tetap berjalan aman," tandasnya.(yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Polres Lakukan Tiga Tahap Amankan Pilwu Serentak "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...