Petugas Teliti Jamur yang Meracuni Enam Warga

SINDANGWANGI - Sebanyak lima warga blok Cigerang desa Lengkong Kulon kecamatan Sindangwangi harus dilarikan ke Puskesmas, akibat keracunan Jamur merang, Sabtu (28/10). Bahkan, diantara koran ada yang satu keluarga. 
warga majalengka keracunan jamur merang
Salah satu korban keracunan jamur Merang dirawat di Puskesmas Sindangwangi. Foto: Pai/Rakyat Cirebon
Kelimanya yakni, Karmini (43), Sayem (65), Tara (50), Samtinah, Arinah (48) Zaelani (38). Kepala Puskesmas Sindangwangi Edi Kusnadi SKM mengatakan, kronologis insiden keracunan itu terjadi pada Sabtu (28/10) sekitar pukul 9.00 WIB. 

Tepatnya, saat para korban makan pagi dengan menu sayur jamur merang usai panen di area pesawahan Cigerang desa Lengkong Kulon. Jamur tersebut, diambil dari merang di sawah mereka.

Selang beberapa menit usai melahap sayur jamur tersebut, keenam warga itu merasakan mual-mual, pusing, muntah serta buang air besar terus menerus. 

Karena khawatir akhirnya Tara yang masih bisa berjalan sekitar pukul 11.30 WIB meminta tolong warga dan akhirnya semua korban di bawa ke puskesmas.

Alhamdulillah, kata dia, sekitar pukul 15.00 WIB semuanya korban bisa terselamatkan meski masih ada beberapa pasien yang harus dirawat. "Bersyukur berkat kecekatan petugas dan warga yang langsung membawa korban ke Puskesmas, akhirnya mereka semua bisa diselamatkan," terangnya.

Sementara itu, mengetahui kandungan jamur, H Dony SKM petugas Surveilans Epidemiologi Puskesmas Sindangwangi, langsung mengamankan sampel makanan untuk diteliti. 

Selain itu, pihaknya juga langsung melakukan pengawalan. “Kami terus pemantau para korban untuk agar sembuh 100 persen,” imbuhnya.(pai)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Petugas Teliti Jamur yang Meracuni Enam Warga"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus