Pertamina Segera Bor Sumur Pantura Jabar

LEMAHWUNGKUK - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Abar segera melakukan pengeboran sumur eksplorasi Karunia-1X di laut lepas pantai utara Jawa Barat.
pertamina resmikan shore base cirebon
Para pimpinan PT  PHE Abar saat meresmikan Shore Base Cirebon. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Kepastian tersebut sebagaimana disampaikan oleh General Manager PT PHE Abar, Theodorus Duma saat diwawancarai sejumlah wartawan usai meresmikan Shorebase barunya di kawasan Pelabuhan Cirebon.

"Kita sudah resmikan Shore Base disini, dan kita pastikan pengeboran akan segera dimulai," ungkap Theodorus Duma kepada rakcer.

Sebelum sampai kepada tahap pembangunan Shore Base, untuk memastikan langkahnya melakukan pengeboran, PT PHE Abar dikatakan Duma telah melalui berbagai tahapan lainnya, seperti melakukan survei Seismik di lepas pantai utara Jawa Barat.

Setelah tahap tersebut berhasil, lanjut dia, tahapan selanjutnya adalah melakukan pengeboran dan eksplorasi untuk memastikan kandungan minyak pada titik koordinat yang ditentukan setelah dilakukan survei.

"Sebelum ini, kami sudah melakukan survei seismik di lepas pantai utara Jabar ini dan berhasil. Sekarang kita siapkan Shore Base nya dan akan mulai melakukan pengeboran eksplorasi, biasanya memakan waktu enam bulan hingga satu tahun," lanjut Duma.

Melalui pengeboran ini, PT PHE Abar yang merupakan anak perusahaan sektor hulu dari PT Pertamina (Persero) mengupayakan agar PT Pertamina bisa mendapatkan cadangan baru. Sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan, dikatakan Duma setelah Shore base diresmikan, pengeboran akan dilakukan pekan depan. 

"Kita rencana akan memulai pengeboran pekan depan, mudah-mudahan pengeboran ini bisa berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu yang baik untuk Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT PHE Abar, Beny Ibradi menambahkan, dirinya optimis pengeboran Sumur Karunia-1X ini bisa menambah cadangan Migas Pertamina, sehingga hal tersebut akan merdampak pada semakin kuatnya ketahanan energi Indonesia.

"Saya optimis ini akan menjadi sumbangsih besar bagi Indonesia. Kami memilih lokasi Shore Base di Cirebon karena letaknya strategis dan multiplayer efeknya akan terasa, sehingga kedepan manfaat dari adanya Shore Base disini bisa dirasakan oleh warga Kota Cirebon," tambahnya. (sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Pertamina Segera Bor Sumur Pantura Jabar"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...